Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Wakil Ketua MPR RI Ingatkan Pentingnya Hindari Inkonsistensi dalam Proses Pengendalian Covid-19

Perlu adanya kesamaan semangat dan pemahaman antara para pemangku kepentingan di pusat dan daerah dalam pengendalian penyebaran Covid-19 di tanah air.

Wakil Ketua MPR RI Ingatkan Pentingnya Hindari Inkonsistensi dalam Proses Pengendalian Covid-19
Ist
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. 

TRIBUNNEWS.COM - Perlu adanya kesamaan semangat dan pemahaman antara para pemangku kepentingan di pusat dan daerah dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19 di tanah air.

"Semangat dan pemahaman para pemangku kepentingan di pusat dan daerah harus sama, sehingga konsistensi dalam menjalankan kebijakan bisa tercipta," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/2).

Menurut Lestari, sangat disayangkan tren penurunan jumlah kasus positif Covid-19 sepekan terkahir ternyata antara lain disebabkan penurunan jumlah testing yang dilakukan. Padahal, ujarnya, salah satu tujuan pemberlakuan PPKM mikro untuk mengintensifkan testing, tracing dan treatment (3T).

Dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (18/2), Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan penambahan kasus positif Covid-19 mingguan pada pekan ini menurun tajam hingga 25 persen, jika dibandingkan pekan sebelumnya.

Menurut Wiku penurunan angka positif mingguan disebabkan karena merosotnya angka testing Covid-19 pada pekan ini.

Menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, munculnya problem konsistensi dalam pelaksanaan pengendalian penyebaran Covid-19 yang sudah berlangsung satu tahun merupakan persoalan serius dan harus segera diatasi.

Rerie menilai, perlu segera dikaji penyebab inkonsistensi yang terjadi apakah disebabkan ketidakpahaman para pemangku kepentingan terhadap kebijakan yang ditetapkan atau ada penyebab lain.

Karena, jelas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, tidak konsistennya pelaksanaan kebijakan yang telah ditetapkan membuat output dari kebijakan tersebut tidak menggambarkan kondisi yang sesungguhnya.

Bila kondisi sebaran Covid-19 tidak bisa tergambar dengan baik, ujar Rerie, dikhawatirkan lonjakan kasus positif Covid-19 terus berlangsung di masa pandemi ini dan semakin tidak terkendali.

Rerie berharap, para pemangku kepentingan dalam pengendalian penyebaran Covid-19 di tanah air dapat meningkatkan konsistensinya dalam menjalankan kebijakan yang telah ditetapkan untuk mempercepat terkendalinya penyebaran virus korona.(*)

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas