Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Harlah Pancasila, Fadel Muhammad: Pegang Teguh Pancasila Sebagai Jati Diri Bangsa

Menurut Fadel, rakyat Indonesia beruntung memiliki Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara di dunia yang unik, sangat cocok dengan keberagaman

Harlah Pancasila, Fadel Muhammad: Pegang Teguh Pancasila Sebagai Jati Diri Bangsa
MPR RI
Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad 

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan bahwa rakyat Indonesia sangat beruntung memiliki Pancasila sebagai satu-satunya ideologi dan dasar negara di dunia yang unik, sangat cocok dengan keberagaman bangsa Indonesia yang besar.

Pancasila mampu mengikat keberagaman tersebut dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan bertahan hingga saat ini. Untuk itu, sebagai anak bangsa sudah semestinya menjaga dan memegang teguh Pancasila yang sudah menjadi jati diri bangsa serta menjadikannya sebagai way of life dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut disampaikan Fadel Muhammad usai mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari Nusa Dua, Bali, yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) dan dihadiri Presiden RI Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara, Selasa (1/6/2021).

Lebih jauh Fadel menekankan, ketika Pancasila terpatri dalam jiwa setiap rakyat, maka bangsa Indonesia akan lebih utuh dan solid sehingga segala upaya untuk membangun negara menuju kesejahteraan bersama akan mudah sekali terwujud. "Memang dalam melaksanakan Pancasila banyak sekali tantangan dan kendalanya seperti soal keadilan sosial dan fenomena aksi teroris KKB Papua yang mengancam Persatuan Indonesia. Tapi, saya yakin Pancasila tak tergoyahkan dan itu sudah terbukti sejak dulu," ujarnya.

Melihat begitu pentingnya Pancasila dalam kehidupan masyarakat Indonesia, Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI ini mengajak seluruh elemen bangsa, mulai hari ini dan ke depan untuk selalu waspada terhadap segala sesuatu yang berpotensi merusak ideologi negara tersebut. "Mari kita semua saling mawas diri, saling mengingatkan untuk selalu berada di koridor Pancasila. Tanamkan rasa bangga terhadap Pancasila. Sebab, jika sudah tertanam kuat maka akan muncul rasa cinta yang luar biasa terhadap Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkah kepada kita semua," pungkasnya.(*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas