Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Bamsoet Ingatkan Atlet Tarung Derajat PON XX Papua Junjung Tinggi Sportivitas dan Fair Play

Atlet yang bertanding di seluruh nomor pertandingan minimal sudah berada di tingkat Kurata V.

Bamsoet Ingatkan Atlet Tarung Derajat PON XX Papua Junjung Tinggi Sportivitas dan Fair Play
MPR RI
Pertandingan dilaksanakan mulai 8 hingga 12 Oktober 2021, di GSG Eme Neme Yauware, Kabupaten Mimika, Papua. 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) Bambang Soesatyo mengapresiasi sportivitas dan fair play para atlet Tarung Derajat yang mulai bertanding dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Pertandingan dilaksanakan mulai 8 hingga 12 Oktober 2021, di GSG Eme Neme Yauware, Kabupaten Mimika, Papua. Diawasi langsung oleh Ketua Harian PB KODRAT Brigjen Pol Syamsul Bahri, serta Sang Guru AA Boxer, Sang Guru Badai Meganagara Dradjat, dan Sang Guru Rimba Dirgantara Dradjat.

"Sekitar 125 atlet akan memperebutkan 18 medali emas, 18 medali perak, dan 32 medali perunggu. Berbagai medali tersebut terbagi dalam 3 nomor pertandingan, yakni Putra, Putri, dan Campuran. Untuk nomor Putra, terbagi dalam 11 kelas pertandingan, antara lain kelas 49,1 Kg - 52 Kg, kelas 52,1 Kg - 55 Kg, dan kelas 75,1 Kg - 80 Kg, ditambah kelas Seni Gerak Tarung/Getar Berpasangan 2 Putra, dan kelas Seni Gerak Bertahan Menyerang Dua Arah/Gharang 3 putra," ujar Bamsoet di Jakarta, Sabtu (9/10/21).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, nomor Putri terbagi dalam 6 kelas pertandingan, antara lain kelas 45,1 Kg - 50 Kg, kelas 50,1 Kg - 54 Kg, hingga kelas 62,1 Kg - 66 Kg, ditambah kelas Seni Gerak/Rangkaian Gerak (Ranger) 3 orang putri Jurus Drajat II. Sementara untuk nomor campuran mempertandingkan satu kelas, yakni kelas Seni Gerak/Gerak Tarung (Getar), (2 orang putra dan 2 orang putri).

"Atlet yang bertanding di seluruh nomor pertandingan, minimal sudah berada di tingkat Kurata V. Dibuktikan dengan melampirkan photo copy ijazah Tarung Derajat dari Kurata I sampai Kurata IV. Usianya pun beragam dalam setiap nomor pertandingan, dari minimal berusia 14 tahun hingga maksimal berusia 33 tahun per 31 Desember 2020," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, pada 8 Oktober 2021, pertandingan dilaksanakan untuk babak penyisihan untuk nomor pertandingan Tarung Putra, Tarung Putri, Getar Putra, dan Ranger Putri. Penyisihan dilanjutkan pada 9 Oktober 2021, untuk nomor Tarung Putra, Tarung Putri, dan Ranger Putri. Kemudian pada 10 Oktober 2021, memasuki semifinal Tarung Putra dan semifinal Tarung Putri, ditambah masih ada penyisihan untuk Gharang Putra.

"Semifinal untuk Tarung Putra dan Tarung Putri masih berlanjut pada 11 Oktober 2021, ditambah penyisihan untuk Getar Campuran. Puncaknya pada 12 Oktober 2021, akan ada final untuk Tarung Putra dan Tarung Putri ditambah semifinal dan final untuk semua Seni Gerak," pungkas Bamsoet. (*)

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas