Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Yandri Susanto Usulkan agar Madrasah Diniyah Masuk ke RPJPN 2025-2045

"Dalam rangka pembangunan karakter dan moral bangsa, penting untuk mencantumkan madrasah diniyah takmiliyah dalam RPJPN 2025-2045," ujar Yandri.

Editor: Content Writer
zoom-in Yandri Susanto Usulkan agar Madrasah Diniyah Masuk ke RPJPN 2025-2045
dok. MPR RI
Wakil Ketua MPR RI, Yandri Susanto melakukan pertemuan konsultasi dengan Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa di Menara Bappenas Rasuna Said Kuningan, Jakarta, Selasa (28/11/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua MPR RI, Yandri Susanto, menyatakan bahwa Madrasah Diniyah Takmiliyah Insya Allah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

Sebagai lembaga pendidikan non-formal yang memberikan ilmu pengetahuan agama islam serta pembentukan karakter dan moral, eksistensi pendidikan diniyah harus dipertahankan sehingga dapat berkelanjutan memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Dalam rangka pembangunan karakter dan moral bangsa, penting untuk mencantumkan madrasah diniyah takmiliyah dalam RPJPN 2025-2045. Sehingga eksistensi pendidikan diniyah dapat terus berkelanjutan di Indonesia," ujar Yandri Susanto.




Pernyataan tersebut disampaikannya usai melakukan pertemuan konsultasi dengan Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa di Menara Bappenas Rasuna Said Kuningan Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Baca juga: Wakil Ketua MPR Yandri Susanto: Negara wajib Berikan Kesejahteraan bagi Guru Agama

Yandri menjelaskan bahwa madrasah diniyah akan dicantumkan dalam Bab 4.1.2 tentang pendidikan berkualitas yang merata.

Di mana untuk mencapai sasaran pembangunan 2045 kebijakan pendidikan diarahkan pada pendidikan yang inklusif dan adaptif serta peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan dengan tuntutan global berbasis prinsip pendidikan sepanjang hayat mencakup beberapa hal, di antaranya pada point ke-VII pendididikan agama dan keagamaan.

"Dalam penjelasan frasa pendidikan agama dan keagamaan akan dicantumkan madrasah diniyah takmiliyah dalam Draf RPJPN 2025-2045," jelas Yandri.

BERITA TERKAIT

Ia pun menjelaskan bahwa pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan konsultasi sebelumnya yang dilakukan di MPR pada tanggal 12 September 2023. Dimana pada saat itu Yandri mengusulkan agar pendidikan diniyah masuk dalam RPJPN 2025-2045.

Baca juga: Yandri Susanto: Pemprov Harap Bantu Pembangunan Asrama Haji Banten

"Pertemuan berlangsung hangat dan direspon sangat baik oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas. Sehingga masukan yang diberikan diterima dan diakomodir oleh Bappenas sebagai bagian dari rumusan final Draf RPJPN 2025-2045," tutup Yandri.

Sebagai informasi, pertemuan ini turut dihadiri Deputi Bidang Ekonomi Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti, Sekretaris Pimpinan MPR Budi Muliawan, perwakilan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dan Perwakilan Forum Komunikasi Pendidikan Qur'an (FKPQ). (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas