Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dicurhati Harga Gula Melonjak, Fadel Muhammad: Segera Saya Laporkan ke Mendag

Saat menghadiri pertemuan di Jawa Tengah, Fadel Muhammad menerima curhatan masyarakat atas harga bahan pangan yang meningkat dan beberapa keluhan lain

Editor: Content Writer
zoom-in Dicurhati Harga Gula Melonjak, Fadel Muhammad: Segera Saya Laporkan ke Mendag
dok. MPR RI
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad saat menghadiri pertemuan bertema "Kesatuan dan Kerukunan Masyarakat Memperkokoh Ketahanan Keluarga" yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/12/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Pengemudi ojek online, nelayan, petani, ibu rumah tangga, pelaku usaha kecil dan menengah, serta ratusan masyarakat lainnya yang memiliki beragam profesi memenuhi Aula Kantor Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/12/2023).

Kedatangan mereka dari berbagai kota dan kabupaten di Jateng itu untuk mengikuti pertemuan yang bertema "Kesatuan dan Kerukunan Masyarakat Memperkokoh Ketahanan Keluarga".

Pertemuan yang terselenggara berkat kerja sama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dengan Forum Komunikasi Ketahanan Keluarga Jateng itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad, Anggota MPR/DPD Dapil Jateng Denty Eka Widi Pratiwi SE, MH; dan Ketua Forum Ketahanan Keluarga Jateng, Septi Wulandari.

Dalam pertemuan yang digelar selepas pukul 14.00 WIB itu dijadikan sebagai sesi sambung rasa dan curhat bersama Fadel Muhammad. Kepada Fadel, masyarakat menyampaikan keluhan soal mahalnya harga gula, sulitnya mencari benih ikan, hingga soal dampak buruk kemajuan teknologi informasi.

Baca juga: Fadel Muhammad Apresiasi Program Unggulan Universitas Andalas di Bidang Ketahanan Pangan

Fadel Muhammad mengatakan dirinya datang ke Semarang atas undangan Denty Eka Widi Pratiwi. "Di sini kita mendengar berbagai macam aspirasi masyarakat mengenai masalah-masalah yang kurang atau belum mendapat perhatian dari pemerintah," ujarnya.

Mendapat curhatan tingginya harga gula, mantan Gubernur Gorontalo itu mengatakan dirinya akan menyampaikan langsung masalah itu kepada menteri terkait. 

"Terkait harga gula yang semakin mahal, nanti saya akan laporkan kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan," tuturnya.

Ia berharap setelah melaporkan naiknya harga gula ke rekan yang ada di eksekutif, laporan tersebut dapat segera ditindaklanjuti dengan menurunkan stafnya untuk datang ke Jateng.

BERITA TERKAIT

Demikian pula bila ada nelayan dan petani kekurangan bibit ikan dan benih, dirinya juga akan menyampaikan kepada menteri terkait.

Baca juga: Fadel Muhammad Imbau Masyarakat Agar Tetap Tenang Jelang Pemilu 2024

Fadel Muhammad menegaskan kepala daerah seperti gubernur, walikota, dan bupati, harus bertanggungjawab terhadap produksi rakyat.

"Kepala daerah tidak boleh hanya menjadi penonton terhadap masalah yang ada. Masyarakat harus diberdayakan," ujarnya.

Memperhatikan masalah yang ada ditegaskan merupakan tugas utama yang perlu dilakukan oleh pemerintah. Hal demikian menurutnya dilakukan saat dirinya menjadi Gubernur Gorontalo. Ia mengatakan, keberhasilan seorang kepala daerah terlihat dari meningkatnya pendapatan masyarakat dan turunnya kemiskinan di daerah. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas