Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Gelar Upacara Tanpa Megawati

TRIBUNNEWS.COM - Peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni juga dirayakan di Markas PDIP,

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Prawira
zoom-in PDIP Gelar Upacara Tanpa Megawati
TRIBUNNEWS.COM/FERDINAN
Upacara peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni juga dirayakan di Markas PDIP, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (1/6/2011). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni juga dirayakan di Markas PDIP, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (1/6/2011). Rencananya ketua umum Megawati Soekarnoputri membacakan amanat di hadapan ratusan kader partai.

Namun, dikarenakan Megawati merayakan hari lahir Pancasila di Gedung MPR/DPR, maka upacara dipimpin oleh Ketua DPP Bidang Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan, Hamka Haq.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila itu digelar di halaman kantor PDIP. Hamka mengatakan makna upacara tersebut agar bangsa Indonesia mengingat Pancasila yang diambil dari pidato Bung Karno.

"Agar nilai-nilai Pancasila itu diresapi masyarakat dengan utuh berdasarkan azas kebangsaan antar etnis, suku dan budaya kebangsaan," kata Hamka.

Menurutnya, Pancasila masih relevan hingga saat ini. Namun masyarakat jangan hanya memahami Pancasila tanpa kebangsaan. "Itu yang membuat konflik, maka dari itu azas utama Bung Karno adalah kebangsaan," ujarnya.

Selain melaksanakan upacara pengibaran bendera. PDIP juga merayakan hari lahir Pancasila dengan menggelar kesenian wayang kulit semalam suntuk yang dimulai nanti malam.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas