Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Panglima TNI: Papua Bukan Operasi Militer

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, mengatakan bahwa operasi di Papua bukanlah operasi militer, melainkan operasi Kepolisian untuk

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Panglima TNI: Papua Bukan Operasi Militer
tribunnews.com, bian harnansa
Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, mengatakan bahwa operasi di Papua bukanlah operasi militer, melainkan operasi Kepolisian untuk menjaga keamanan.

Hal itu dikatakan Panglima TNI usai upacara penutupan latihan bersama penanggulangan teror TNI Polri "Waspada Nusa III," tahun 2011, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (28/10/2011).

"Papua itu melibatkan operasi kepolisian oleh karena itu, TNI yang bertugas disana pun hanya membantu kepolisian," katanya.

Ia mengatakan bahwa di wilayah-wilayah perbatasan memang anggota TNI yang bertugas melakukan pengamanan. Para personil dikirim dari sejumlah Batalyon-batalyon yang terdapat di sejumlah wilayah di Indonesia.

Sedangkan untuk anggota TNI yang bertugas untuk membantu kinerja Polri menjaga keamanan, para personilnya berasal dari Batalyon-batalyon yang berada di wilayah Papua.

"Jadi yang melakukan pengamanan itu memang berasal dari Batalyon yang berada di wilayah Papua," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas