Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menhan: Ada Empat Hal Konlfik Terjadi di Papua

Dalam pembukaan rapat terbuka membahas konflik di Papua, Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro mengatakan bahwa ada empat

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Menhan: Ada Empat Hal Konlfik Terjadi di Papua
Tribunnews.com/Ismanto
MenhanPurnomo Yusgiantoro 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam pembukaan rapat terbuka membahas konflik di Papua, Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro mengatakan bahwa ada empat hal konflik yang terjadi di Papua.

"Sebelum saya membahas lebih jauh, saya akan jelaskan ada empat hal konflik yang terjadi di Papua," ujar Purnomo kepada peserta rapat dan wartawan di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Kemenhan, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2011).

Empat hal tersebut, jelas Purnomo, yaitu butir pertama, mengenai gerakan yang ingin memisahkan diri dari NKRI, butir kedua, mengenai kasus freeport. Dalam kasus freeport, Purnomo menjelaskan terdapat dua permasalahan di dalamnya yaitu mogok kerja dan kasus Ilegal Mining yang terjadi di antara Mil 34 dan 39.

"Jangan heran diantara mil 34 dan 39 sering terjadi aksi kekerasan dan penembakan karena memang disitu sering terjadi operasi Ilegal Mining," jelas Purnomo.

Kemudian, lanjut Purnomo, butir ketiga merupakan permasalahan disparitas ekonomi masyarakat Papua dan pada butir keempat mengenai masalah pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Rapat terbuka membahas kondisi yang terjadi di Papua dihadiri juga oleh Wakil Menhan, Sjafri Samsoeddin, Menteri Lingkungan Hidup, Baltazar Kambuaya, Panglima TNI Agus Suhartono dan Panglima Kodam (Pangdam) XVII Cenderawasih, Mayjend TNI Erfi Triassunu.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo juga diundang untuk mengikuti rapat terbuka membahas kondisi di Papua, namun dikabarkan beliau tidak bisa hadir.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas