Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menhan: Penerapan Otsus Papua Belum Maksimal

Menteri Pertahanan (Menhan), Purnomo Yusgiantoro mengatakan bahwa penerapan Otonomi Khusus (Otsus) daerah Papua masih belum

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Menhan: Penerapan Otsus Papua Belum Maksimal
Ratusan orang diamankan pihak kepolisian karena mengikuti Kongres Rakyat Papua yang menyetujui pembentukan negara Papua Merdeka, Rabu (19/10/2011). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan), Purnomo Yusgiantoro mengatakan bahwa penerapan Otonomi Khusus (Otsus) daerah Papua masih belum maksimal.

"Otsus, dalam penerapannya masih belum berjalan dengan baik," ujar Purnomo kepada wartawan dalam jumpa persnya di Kemenkumham, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2011).

Yang menjadikan Otsus tidak berjalan dengan maksimal, Purnomo mengatakan bahwa pemerintah pusat maupun daerah belum dapat menerapkan dan melaksanakan dengan baik.

"Pemerintah pusat maupun daerah belum mengimplementasikan isi dari Otsus tersebut sehingga tidak maksimal," jelas Purnomo.
 
Meski begitu, Purnomo mengatakan, jika dilihat dari kewenangannya, Otsus ini telah memberikan kewenangan dan fungsi yang cukup besar bagi rakyat Papua.

Kewenangan dan fungsi yang dimaksud, menurut Purnomo adalah dengan pembentukan DPRD khusus, Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Gubernur yang kesemuanya dijalankan dengan musyawarah masyarakat Papua sendiri.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas