Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Diminta Sambangi Papua Pimpin Rekonsiliasi

Presiden SBY, diminta turun langsung untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di Papua, dengan menggelar proses rekonsiliasi

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Harismanto
zoom-in Presiden Diminta Sambangi Papua Pimpin Rekonsiliasi
TRIBUNNEWS.COM/FERDINAND WASKITA
Anggota Investigasi Komnas HAM, Sriyana, Jumat (4/11/2011) menunjukkan korban kekerasan aparat di Papua. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden SBY, diminta turun langsung untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di Papua, dengan jalan menggelar proses rekonsiliasi secepatnya.

Menurut tokoh agama dan pluralisme Romo Benny Susatyo, proses rekonsiliasi tidak akan berjalan dengan baik, jika Presiden, selaku pemimpin pemerintahan, tidak langsung datang ke Papua, dan berdialog dengan tokoh masyarakat, dan agama di Papua.

"Presiden mewakili Pemerintah harus meminta maaf kepada masyarakat Papua, dan mendengarkan langsung keluh kesah yang dirasakan masyarakat Papua secara langsung," ujar Romo Benny yang ditemui dalam acara peluncuran kampanye hari toleransi internasional, di Warung Darmin, Jakarta, Minggu (13/11/2011).

Setelah itu, menurutnya Presiden, baru bisa mendelegasikan kewenangannya dalam proses rekonsiliasi Papua, melalui sebuah tim. "Setelah itu, baru tim bisa melakukan rekonsiliasi," tutupnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas