Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dialog Jakarta-Papua Seperti Film Kartun

Komisioner Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM), Amiruddin menilai bahwa dialog yang diusung untuk menyelesaikan

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Dialog Jakarta-Papua Seperti Film Kartun
NET
Film kartun Tom and Jerry 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisioner Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM), Amiruddin menilai bahwa dialog yang diusung untuk menyelesaikan konflik antara masyarakat Papua dengan pemerintah seperti pertarungan lelucon film kartun.

Pasalnya, kata Amir di saat perwakilan masyarakat Papua ingin serius menyelesaikan konflik tersebut dengan dialog, justru pemerintah terkesan tidak serius menanggapinya.

"Seperti kartun Tom and Jerry. Bagi Tom, itu cuma main-main saja. Tapi buat Jerry, itu soal hidup dan mati. Begitu pula dialog Jakarta dengan Papua," ujar Amiruddin saat menghadiri dialog di kantor Komnas HAM Jakarta, Rabu (23/11/2011).

Hal serupa juga diungkapkan Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin dalam ruangan sang sama. TB menilai bahwa langkah Pemerintah dalam menyelesaikan konflik di Papua, dengan membentuk Satgas Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) akan sia-sia bilamana langkah tersebut tidak diiringi pemerintah dengan penarikan aparat yang sudah berlebih di sana.

"Sia-sia saja kalau dibuat UP4B, tetapi tidak ditarik aparat yang sangat berlebih di Papua," kata TB saat menghadiri dialog di kantor Kommnas HAM, Jakarta Rabu (23/11/2011).

Seharusnya, ujar TB, pemerintah melihat dulu apa yang dapat menimbulkan masalah konflik tersebut meluas, baru melakukan pendekatan dengan mereka.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas