Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Angie-Rosa Satu Sel, KPK Khawatir

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya melakukan penahanan terhadap tersangka suap pembahasan anggaran proyek wisma atlet

Penulis: Edwin Firdaus
zoom-in Angie-Rosa Satu Sel, KPK Khawatir
TRIBUNNEWS.COM/DANNY PERMANA
Angelina Sondakh memeluk Aaliyah Massaid, putrinya, saat datang menjenguk ke Rutan Salemba Cabang KPK di gedung KPK, Jumat (27/4/2012). Angie ditahan sejak Jumat sore. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya melakukan penahanan terhadap tersangka suap pembahasan anggaran proyek wisma atlet, Angelina Sondakh di Rumah Tahanan (Rutan) KPK, Jumat (27/4/2012) lalu. Namun, sebelumnya atas permohonan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), KPK telah menempatkan terpidana rangkaian kasus suap serupa, Mindo Rosalina Manulang di tempat yang sama.

Tak dapat dipungkiri, kekhawatiran juga muncul saat keduanya berada dalam Rutan yang sama. Sebab, sangat memungkinkan untuk keduanya melakukan komunikasi satu sama lain dan memunculkan spekulasi akan adanya persoalan dalam penuntasan kasus tersebut. Hal itu pun disadari oleh Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto.

"Jadi gini apa yang anda tanyakan (terkait Rosa dan Angie yang menghuni satu Rutan) bukan tidak dipikirkan. Ada mekanismenya, nah detil mekanismenya itu kepala rutan yang bisa jawab," kata Bambang saat dihubungi wartawan, Minggu (29/4/2012) malam.

Kondisi tersebut lanjut Bambang sudah diantisipasi pihak KPK. Salah satunya, dengan melakukan koordinasi dengan Polda Metro dengan mengirimkan Polisi Wanita (Polwan) untuk menjaga dua orang penghuni Rutan tersebut.

"Artinya kalau mereka bicara di luar, di publik area kan sama seperti rutan-rutan lain, cuma bahwa sedapat mungkin diatur itu sudah dalam perencanaanya," terang Bambang.

Sebagaimana diketahui, Rutan KPK dibangun diatas lahan seluas 80 meter persegi, dengan kapasitas lima ruangan atau sel tahanan, serta terdapat 3 kamar mandi yang letaknya berada di luar ruang tahanan.

Tersedia pula ruang publik (ruang asimilasi) yang dilengkapi sebuah televisi dan kamera CCTV di tiap sudutnya. Karena letaknya di basement Gedung KPK, lima ruangan Rutan tersebut dilengkapi exhaust fan untuk menjaga kebersihan sirkulasi udara.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas