Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anggota DPR dari Papua Minta SBY Serius

Anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Papua, Agustina Basikbasik, meminta ketegasan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Anggota DPR dari Papua Minta SBY Serius
TRIBUNNEWS.COM/CHANRY ANDREW SURIPATTY
Iqbal Rivai, salah satu korban penembakan yang dilakukan oleh orang tidak dikenal di kawasan Kota Jayapura, Selasa (05/06/2012) malam, saat dibawa petugas medis RSUD Dok II ke ruang ICU untuk mendapat perawatan lebih lanjut. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Papua, Agustina Basikbasik, meminta ketegasan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyelesaikan konflik di Papua yang terus berkepanjangan.

"Penanganan keamanan gagal di sana. Tidak ada keseriusan pemerintahan SBY selesaikan persoalan di sana dan terkesan ada pembiaran," kata Agustina di gedung DPR RI Jakarta, Jumat (8/6/2012).

Politisi Partai Golkar ini menegaskan kalau pemerintah mengklaim serius mengusut masalah Papua dan tidak ada pembiaran konflik maka itu berarti tidak ada kemampuan pemerintah mengelola negara ini.

"Masalah adalah kejadian seperti ini selalu berulang-ulang dan tidak penyelesaian yang konkrit. Solusi yang ditawarkan pemerintah keliru," kata dia.

Menurut dia, masalah yang dihadapi Papua harus dicari akar masalahnya dan dimulai dengan dialog dengan seluruh unsur lapisan masyarakat Papua tanpa kecuali.

"Jangan kedepankan kekuatan militer tapi ajak dialog. Pemerintah harus cari tahu akar masalahnya. Dialog dimulai dari daerah apa yang muncul disana dan berdialog jangan dalam tekanan," kata dia.

Dikatakan kecenderungan pemerintahan SBY di pusat hanya mendengar laporan pejabat dibawahnya secara simbolik.

BERITA TERKAIT

"Presiden harus tahu apa akar masalahnya," kata dia.

Baca Juga:

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas