Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korupsi Alquran Buat Popularitas Golkar Jatuh di Survei

Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi menegaskan dugaan kasus korupsi Al Qur'an oleh politisi Golkar Zulkarnaen Djabar bisa menganggu partai

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Korupsi Alquran Buat Popularitas Golkar Jatuh di Survei
googleimage
Al Quran 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi menegaskan dugaan kasus korupsi Alquran oleh politisi Golkar Zulkarnaen Djabar bisa menganggu partai berlambang pohon beringin itu.

"Itu sangat menganggu Golkar. Kalau digoreng melalui media massa maka efek resonansinya kuat. Karena korupsi pengadaan Alquran ini sangat sensitif bagi masyarakat," kata Muhtadi di gedung DPR RI Jakarta, Kamis (5/7/2012).

Dari sisi objek nilai, menurut Muhtadi sebetulnya korupsi pengadaan Alquran tidak ada bedanya dengan objek lainnya yang dikorupsi oleh para koruptor.

"Tapi nilai intrisik dari  Alquran  mampu membuat pemilih atau warga dirusak kesadarannya," kata Muhtadi.

Pada posisi seperti itu, kata peneliti LSI ini, kasus ini bisa membuat rating survei Golkar turun.

"Di saat yang sama KPK munculkan politisi Golkar sebagai tersangka dan tapaknya Golkar ingin ini dilokalisir ke Zulkarnaen saja. Dan jelas mau tidak ini mengurangi kepercayaan publik kepada Golkar," kata dia.

Lanjut dia, persepsi publik akan berpikir macam-macam misalnya jangan-jangan setelah korupsi pengadaan Alquran maka korupsi dana masjid juga bisa dilakukan.

Sekadar menambahkan sejumlah lembaga survei hingga Juni 2012 masih menempatkan Golkar di urutan teratas sebagai parpol dengan tingkat elektabilitas tinggi.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas