Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nunung Cs Kesulitan Cari Gorengan Tempe

Band orkes pelantun "Abang Gorengan", Nunung Cs, merasa kesulitan mencari gorengan tempe akhir-akhir ini.

Editor: Anwar Sadat Guna
zoom-in Nunung Cs Kesulitan Cari Gorengan Tempe
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Seorang pekerja menggoreng tempe yang diberi adonan tepung terigu di kawasan sentra pedagang oleh-oleh makanan khas Bandung di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (25/7/2012). Tempe yang dianggap sebagai makanan masyarakat kelas bawah, saat ini menjadi makanan mewah karena menggunakan bahan baku kacang kedelai impor dari Amerika Serikat. Ditambah harga kacang tersebut setiap harinya terus naik. Dalam sehari pedagang di tempat ini sedikitnya bisa menjual 40 kg tempe goreng dengan harga Rp 26.000 per kg. 

Laporan Agus Nia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Band orkes pelantun "Abang Gorengan", Nunung Cs, merasa kesulitan mencari gorengan tempe akhir-akhir ini.

Sejak dilancarkannya mogok produksi perajin tempe dan tahu sejak Rabu (25/7/2012) hingga hari ini, Jumat (27/7/2012) kehadiran tahu dan tempe menjadi langka.

"Biasanya sih paling suka beli tempe, tapi kemarin cuma dapetnya tahu aja," kata pemain mandolin, Yudi yang kerap disapa Kudil.

Menurut band yang digawangi oleh Nurul Huda Manshur (gitar), Yudi Miswanto (mandolin), Budi Ulia (ukulele), Fahmi Fathul Bahri (bass), Anwar (suling), Saripudin (gendang) kelangkaan gorengan tempe adalah hal yang miris.

"Miris aja, negara yang katanya tanah surga, kalau kata Koes Plus harus impor kedelai dari Amerika," tutur pemain mandolin yang lahir pada bulan Oktober ini.

Menurut Kudil, pemerintah perlu mengambil tindakan untuk meningkatkan produksi kedelai lokal yang tadinya 80 (impor) :20 (lokal) menjadi kebalikkannya.

BERITA TERKAIT

"Tukang gorengan tanpa jualan tahu tempe bagaikan hujan tanpa awan," tutup Kudil, saat dihubungi Tribunnews, Jumat, (27/7/2012).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas