Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

SBY dan Ibu Negara Kebanjiran SMS soal Tempe

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku kebanjiran pesan singkat berupa SMS (Short Message Service) seputar mengilangnya

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Anwar Sadat Guna
zoom-in SBY dan Ibu Negara Kebanjiran SMS soal Tempe
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Seorang pekerja menggoreng tempe yang diberi adonan tepung terigu di kawasan sentra pedagang oleh-oleh makanan khas Bandung di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (25/7/2012). Tempe yang dianggap sebagai makanan masyarakat kelas bawah, saat ini menjadi makanan mewah karena menggunakan bahan baku kacang kedelai impor dari Amerika Serikat. Ditambah harga kacang tersebut setiap harinya terus naik. Dalam sehari pedagang di tempat ini sedikitnya bisa menjual 40 kg tempe goreng dengan harga Rp 26.000 per kg. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku kebanjiran pesan singkat berupa SMS (Short Message Service) seputar mengilangnya tempe dan tahu di pasaran hingga sweeping perajin tempe.

Bukan hanya SBY, sang isteri, Ani Yudhoyono pun demikian. Apalagi, di saat Ramadan kali ini, kenaikan harga kedelai yang berakibat pada aksi mogok produksi perajin tempe dan tahu sangat terasa.

Tak kenal waktu. Demikian dapat dikatakan saat pesan singkat masuk kepada Presiden dan Ibu Negara. Saat sahur pun SBY dan Ibu Negara tetap menerima pesan singkat yang bertanya mengenai tempe.

“Saya menerima banyak SMS. Ibu Ani juga. Bahkan setelah sahur, dini hari juga menerima SMS. Saya dengar para menteri begitu. Masalah tempe. Sweeping perajin tempe. Dan lain-lainnya,” sebut SBY dalam konferensi pers, Sidang Kabinet terbatas di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (27/7/2012).

Karenanya, Presiden menegaskan bahwa naiknya harga kedelai sekarang ini bukan maunya pemerintah Indonesia.

Karena di negara penghasil kedelai di luar negeri mengalami masalah, utamanya di AS yang mengalami kekeringan terburuk dalam waktu 50 tahun terkahir ini. Dan akhirnya memukul hasil pertanian negara tersebut.

Seiring dengan itu, negara pengimpor kedelai juga ikut terpukul dengan kejadian tersebut. Paling tidak RRT, yang mengimpor 60 persen kedelai dari AS sangat merasakan.

BERITA TERKAIT

Pun demikian dengan Indonesia pun merasakan pengaruhnya. “Meskipun impor kita tidak sebesar itu,” jelasnya.

“Akibatnya harga naik. Karena harga naik, pemerintah melakukan upaya yaitu stabilisasi. Dengan harapan kalau bisa efektif upaya kita ini kenaikannya pada batas yang masuk akal. Karena tidak mungkin kita mencegah kenaikan sama sekali. Tapi paling tidak kita stabilkan ketingkat harga yang masih wajar,” ungkap SBY.

KLIK JUGA:

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas