Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anak Buah Suryadharma Ali Dicecar Revisi Anggaran Alquran

Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama (kemenag), Abdul Karim mengaku dicecar penyidik KPK terkait revisi anggaran

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Anak Buah Suryadharma Ali Dicecar Revisi Anggaran Alquran
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Sejumlah siswa SMAN 23 Bandung membaca Al Quran saat tadarus bersama dalam kegiatan Pesantren Pelajar Pusdai di Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (9/8/2012). Kegiatan pesantren yang digelar selama seminggu di bulan Ramadhan 1433 H tersebut diikuti sekitar seribu siswa SMAN 23 Bandung dari kelas satu hingga kelas tiga secara bergantian, dengan materi kegiatan manasik haji, tadarus (baca Al Quran) dan cara pengelolaan zakat dan waris. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama (kemenag), Abdul Karim mengaku dicecar penyidik KPK terkait revisi anggaran proyek pengadaan Alquran.

Anak buah Suryadharma Ali itu, diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengurusan anggaran Kementerian Agama RI dengan terdakwa Zulkarnaen Djabar dan Dendy Prasetya.

"Terkait dengan revisinya. Sebelum direvisi itu, Alquran harganya 75 ribu per eksemplar. Kami minta direvisi menjadi 35 ribu. Menyesuaikan dengan anggaran APBN tahun 2011 begitu. Itu aja yang dijelaskan," kata Abdul kepada wartawan seusai menjalani pemeriksaan di kantor KPK, Jakarta, Senin (27/8/2012). Pantauan Tribun, ia diperiksa sekitar 8 jam.

Sementara saksi lain, Kasubdit Kepenghuluan dan Pemberdayaan KUA Kemenag, Mashuri enggan berkomentar soal pemeriksaan yang dijalaninya hari ini.

"Oh nggak, makasih," kata Mashuri.

Ketika ditanya jumlah pertanyaan yang diajukan kepadanya, Mashuripun enggan menjawab. Namun, saat disinggung perihal Zulkarnaen Djabar, dia mengakui jika dirinya tidak kenal dengan Dzulkarnaen.

"Nggak, makasih. Makasih. Cukup ya. Makasih. Saya gak kenal pak Zul terus terang ya. Ya itu aja," katanya.

Seperti diketahui, kasus ini telah menyeret mantan anggota Banggar DPR RI, Zulkarnaen Djabar dan Direktur Utama PT Karya Sinergi Alam Indonesia, Dendy Prasetya sebagai tersangka.

Zulkarnaen dan Dendy sendiri merupakan pasangan Ayah dan anak. Keduanya diduga sama-sama terlibat dalam kasus korupsi di tubuh Kemenag. Diketahui nilai anggaran dalam proyek pengadaan komputer di Madrasah Tsanawiyah sekira 31 miliar. Dan nilai anggaran untuk pengadaan Alquran sekira 20 miliar.

Sedangkan Zulkarnaen dan Dendy diduga menerima suap sekira 4 miliar terkait pembahasan anggaran proyek pengadaan Alquran di Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) di Kemenag, dan proyek pengadaan komputer di Madrasah Tsanawiyah.

Baca Juga:

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas