Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puan Maharani 4 Jam Ikut Psikotes Jadi Caleg

Ketua Fraksi PDIP DPR RI, Puan Maharani, kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dalam Pemilu 2014 mendatang.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Puan Maharani 4 Jam Ikut Psikotes Jadi Caleg
Tribun Jabar/Gani Kurniawan/Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Puan Maharani 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Fraksi PDIP DPR RI, Puan Maharani, kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dalam Pemilu 2014 mendatang.

Sama dengan Caleg dari PDIP lainnya, Puan Maharani juga diwajibkan mengikuti psikotes.
Meskipun berstatus sebagai anak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri namun Puan tidak diistimewakan. Dia tetap harus ikut ujian psikotes agar bisa dimasukkan sebagai caleg dari PDIP.

"Saya empat jam ikut psikotes. Siapapun caleg tanpa kecuali harus ikut psikotes sehingga caleg yang masuk harus memiliki kapabilitas jadi caleg," kata Puan di gedung DPR RI Jakarta, Selasa (11/9/2012).

Menurut Puan psikotes diikuti caleg dari PDIP baik yang ada di pusat maupun di daerah. Seluruh anggota DPR dari PDIP dan pengurus DPP wajib mengikuti tes.

"Ini seperti psikotes biasa.  Ada soal pertanyaan tertulis mengenai hal umum, ada tes menggambar, menghitung, dan wawancara," kata Puan.

Bagi Puan soal psikotes yang diberikan tidak terlalu sulit. "Yang perlu ditekankan tes psikotes ini bukan untuk menentukan IQ seseorang. Ini mekanisme biasa dan bukan untuk mengetahui baik dan benarnya atau untuk kriteria bisa terpilih atau tidak. Ini salah satu cara mengetahui caleg dari PDIP," ujar Puan.

Dikatakan bahan ujian psikotes berasal dari lembaga psikotes Universitas Indonesia (UI) yang sudah kredibel dan independen dan berpengalaman soal ini.

BERITA REKOMENDASI

"Secara kode etik teruji dan hasilnya nanti kami tidak umumkan terbuka," kata Puan.

Klik:

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas