Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Irjen Djoko Susilo Tetap Stay Cool

Dalam dialog di TV One, Senin (3/12/2012) malam, Tomi Sihotang mengungkap, kliennya tetap bersikap tenang.

Penulis: Rachmat Hidayat
zoom-in Irjen Djoko Susilo Tetap Stay Cool
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Mantan Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri, Irjen (Pol) Djoko Susilo, memasuki kendaraan tahanan dari Gedung KPK, Jakarta, Senin (3/12/2012). Djoko Susilo ditahan karena diduga terlibat dalam kasus korupsi pengadaan alat simulator di Korlantas. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA--Kuasa hukum Djoko Susilo Tomy Sihotang memastikan, kliennya Irjen Djoko Susilo tak menunjukkan perubahan sikap pasca secara resmi dinyatakan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan KPK cabang Guntur.

Dalam dialog di TV One, Senin (3/12/2012) malam, Tomi Sihotang mengungkap, kliennya tetap bersikap tenang.

Masih tersenyum simpul, tak ada perubahan sikap. Tidak ada sesuatu yang signifikan. Dia tetap stay cool," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan tersangka Simulator SIM, Irjen Pol Djoko Susilo, seusai menjalani pemeriksaan tersangka.

Jenderal Polri bintang dua tersebut, ditahan untuk 20 hari pertama di Rutan KPK yang berlokasi di Markas TNI Kodam Jaya, Guntur, Jakarta Selatan.

"Penahanan dilakukan untuk kepentingan penyidikan," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi kepada wartawan.

Pantauan Tribun, Djoko yang mengenakan kemeja biru dibalut jaket coklat itu, keluar kantor KPK pada pukul 18.22 WIB, dengan didampingi pengacaranya.

BERITA TERKAIT

Sementara, tepat Adzan Magrib berkumandang di kantor superbody tersebut, mobil tahanan telah dipersiapkan untuk mantan Gubernur Akpol Semarang itu.

Saat ditanyai wartawan, Djoko tak banyak berkomentar. Iya hanya mengatakan siap kooperatif menjalani proses hukum di KPK.

"Hari ini saya selesai melaksanakan pemeriksaan, dan berdasarkan surat perintah penahanan hari ini saya melaksanakan proses hukum," kata mantan Kakorlantas Polri itu sembari bergegas masuk mobil tahanan.

Seperti diketahui, penetapan Djoko sebagai tersangka melalui surat perintah penyidikan (sprindik) tertanggal 27 Juli 2012. Lembaga pimpinan Abraham Samad ini, menduga telah terjadi korupsi dalam proyek senilai Rp196,8 miliar. Dalam proyek tersebut, KPK memperkirakan negara dirugikan sekitar Rp100 miliar.

Selain Djoko, KPK telah menetapkan Wakil Kepala Korlantas Brigjen Didik Purnomo serta Direktur Utama PT Inovasi Teknologi Indonesia Sukotjo S Bambang dan Direktur Utama PT Citra Mandiri Metalindo Abadi Budi Susanto sebagai tersangka.

Tersangka Djoko diduga melanggar Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Perwira polisi berpangkat bintang dua itu terancam dipidana dengan hukuman penjara paling lama 20 tahun.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas