Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AKBP Teddy Bawa Bukti untuk Lengkapi Berkas Irjen Djoko

AKBP Teddy Rusmawan kembali dipanggil penyidik KPK, terkait penyidikan kasus dugaan korupsi simulator SIM, Jumat (4/1/2012).

Penulis: Edwin Firdaus
zoom-in AKBP Teddy Bawa Bukti untuk Lengkapi Berkas Irjen Djoko
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN
Mantan Wakil Kepala Korps Lalu Lintas Polri Brigjen Didik Purnomo (kanan), dan AKBP Teddy Rusmawan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - AKBP Teddy Rusmawan kembali dipanggil penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait penyidikan kasus dugaan korupsi simulator SIM, Jumat (4/1/2012).

Teddy diperiksa sebagai saksi, untuk melengkapi berkas tersangka Irjen Djoko Susilo. Sebelum menjalani pemeriksaan, kepada wartawan, termasuk Tribunnews.com, Teddy mengaku akan kooperatif dengan KPK.

Untuk pemeriksaan hari ini, Teddy membawa bukti-bukti pendukung perihal aliran dana proyek simulator.

"Ada kuitansi dan segala macam. Ada pembukuan sesuai yang diminta penyidik," kata ketua panitia lelang proyek simulator SIM, di Kantor KPK.

Ketika ditanyakan mengenai apa saja yang sudah dijelaskannya kepada penyidik selama ini, Teddy menjawab diplomatis.

"Masih terkait dengan klarifikasi saja. Kalau isinya repot dong, kan belum selesai semua. Tersangka baru satu (yang digarap berkasnya). Kalau saya jawab semua, nanti tersangka yang lain bagaimana?" ujarnya.

Dalam proyek simulator SIM 2011, Teddy bertindak sebagai ketua panitia pengadaan. Ia dianggap tahu seputar pelaksanaan proyek yang diduga merugikan negara hingga Rp 100 miliar.

BERITA TERKAIT

Teddy juga ditetapkan polisi sebagai tersangka kasus simulator SIM, dan statusnya menjadi tidak jelas setelah polisi menghentikan penyidikan kasus tersebut.

KPK telah menetapkan empat tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah Djoko, Didik, dan dua pihak rekanan, yakni Budi Susanto dan Sukotjo S Bambang.

Keempat orang itu disangka melakukan tindak pidana korupsi dengan menyalahgunakan kewenangan mereka, sehingga menimbulkan kerugian negara.

Saat proyek simulator SIM berlangsung, Djoko menjabat kepala Korlantas, dan Didik menjabat Wakil Kepala Korlantas, yang juga bertindak sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK). (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas