Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Calon Hakim Agung

Jangan Hakimi Daming Secara Membabi Buta

Pernyataan kontroversial Calon Hakim Agung (CHA) Daming Sunusi dikecam berbagai kalangan. Banyak pihak meminta Daming

Jangan Hakimi Daming Secara Membabi Buta
Eri Komar Sinaga/Tribun Jakarta
Daming Sunusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pernyataan kontroversial Calon Hakim Agung (CHA) Daming Sunusi dikecam berbagai kalangan. Banyak pihak meminta Daming dicopot dari jabatannya sebagai hakim.

Menurut Hakim Konstitusi Akil Mochtar, pernyataan Daming sebagai manusia biasa dapat saja terjadi. "Tidak ada manusia yang sempurna, keseleo lidah," kata Akil melalui pesan singkat kepada wartawan, Rabu (16/1/2013).

Akil mengatakan semua pihak harus melihat secara adil. Apalagi, Daming secara terbuka telah meminta maaf atas kekeliruan itu. "Kita melihat hal itu harus secara adil juga tidak dengan emosi dan membabi buta," katanya.

Meskipun, kata Akil, pernyataan yang dilontarkan Daming tidak patut disampaikan dalam forum resmi seperti itu.

"Tapi kita tidak bisa juga menyalahkan orang tanpa memahami kontek yang sedang terjadi saat itu, oleh karenanya menurut saya kekeliruan seperti itu jika memang yang bersangkutan sudah meminta maaf haruslah kita pertimbangkan juga niat dari yang bersangkutan atas kekeliruan yang terjadi," ungkapnya.

Akil mengatakan peristiwa itu menjadi pelajaran berharga bagi semuanya. Anggota DPR, kata Akil, juga harus memberi pertanyaan adil. Ia mencontohkan pertanyaan adil seperti hukuman mati setuju atau tidak setuju.

"Karena soal-soal seperti itu adalah pilihan, maka kalau yang nanya tidak setuju hukuman mati, yang jawab setuju hukuman mati, kan ahirnya yag menjadi korban adalah CHA itu sendiri, itu menurut saya tidak adil juga, karena yang jawab harus mengikuti keinginan si penanya, harusnya pertanyaan yang netral saja," ungkapnya.

Klik:

Ikuti kami di
Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas