Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Beri Bantuan Rp 1,44 Miliar untuk Korban Banjir Jakarta

Pemerintah Amerika Serikat (AS), memberikan donasi sebesar 150 ribu US Dollar, atau setara dengan Rp 1,44 miliar

Penulis: Samuel Febrianto
zoom-in AS Beri Bantuan Rp 1,44 Miliar untuk Korban Banjir Jakarta
Istimewa
Presiden SBY 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Samuel Febriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Amerika Serikat (AS), memberikan donasi sebesar 150 ribu US Dollar, atau setara dengan Rp 1,44 miliar, untuk membantu pemerintah Indonesia, dalam pemulihan pascabanjir yang melumpuhkan Jakarta.

"Amerika Serikat, melalui US Agency for International (USAID), Kantor Pengembangan bantuan bencana luar negeri AS, akan menyediakan 150 ribu US Dollar untuk mendukung upaya bantuan kemanusiaan Pemerintah Indonesia, dan membantu mereka yang terkena dampak dengan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) dan para pemimpin lokal," ujar Duta Besar AS untuk Indonesia, Scot A Marciel, seperti dikutip dari The Jakarta Post, Minggu (20/1/2013).

Marciel juga mengatakan dirinya bersimpati yang mendalam kepada korban banjir Jakarta.

"Kami menawarkan simpati kita yang terdalam kepada mereka yang terkena dampak banjir mengerikan di dan di sekitar Jakarta. Sementara situasi telah mempengaruhi ribuan orang, saya telah berbesar hati oleh respon tanpa pamrih orang Indonesia begitu banyak untuk membantu sesama warga mereka dan dengan kerja keras dan dedikasi dari para pejabat tanggap bencana Indonesia, polisi dan militer,' tuturnya..

Menurutnya badan-badan kemanusiaan seperti Mercy Corps, Save the Children dan World Vision akan terlibat dalam penyaluran bantuan AS untuk para korban.

Hujan lebat dan banjir bandang ditumbuk Jakarta selama seminggu, memaksa Gubernur DKI Jakarta Joko "Jokowi" Widodo menyatakan keadaan darurat sampai 27 Januari. Setidaknya 21 orang tewas dan lebih dari 250.000 orang terkena dampak bencana banjir. Sebagian besar pengungsi membutuhkan makanan, air, pakaian, tempat tinggal dan obat-obatan.

BERITA TERKAIT

Selain AS, Pemerintah Jepang juga telah menawarkan bantuan kepada pemerintah Indonesia. Ketika mengunjungi Jakarta pada hari Jumat kemarin, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menawarkan bantuan negaranya untuk korban banjir.

"Dengan ini saya menyatakan simpati atas kerugian yang disebabkan oleh hujan lebat di Jakarta. Jepang akan membantu dengan apa pun yang diperlukan untuk membantu memulihkan daerah dan properti yang telah rusak oleh banjir," katanya. (thejakartapost.com)

*Berita Lengkap mengenai Banjir Dahsyat Jakarta Silakan KLIK Di Sini

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas