Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Banjir Jakarta Karena Ruang Terbuka Hijau Kurang

Banjir yang melanda di Indonesia, khususnya di Jakarta disebabkan karena beberapa faktor.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
zoom-in Banjir Jakarta Karena Ruang Terbuka Hijau Kurang
Istimewa
Trauma Healing PKPU 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Banjir yang melanda di Indonesia, khususnya di Jakarta disebabkan karena beberapa faktor. Salah satu penyebab utama terjadi karena pemanfaatan ruang terbuka hijau (RTH) yang tidak efektif.

Sampai saat ini, Jakarta hanya memiliki 9,6 persen RTH. Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian PU Imam S. Ernawi mengatakan pengendalian RTH telah tertuang dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) kabupaten / kota, khususnya sebelum berlakunya UU No 26 / 2007 tentang Penataan Ruang.

"Salah satu indikator penting adalah menurunnya RTH yang esensial manfaatnya untuk keseimbangan dan kelangsungan hidup kota," ujar Imam saat menghadiri jumpa pers presentasi karya Sayembara Gagasan Perencanaan dan Perancangan Kota Green Metropolis Jakarta 2050 di Kantor PU, Jakarta, Jum'at (25/1/2013).

Sebagai informasi, luas RTH Jakarta pada 1972 lalu seluas 51 persen. Hal ini jelas jauh menurun dibandingkan tahun 2012 lalu, RTH hanya menjadi 9,6 persen saja dari luas kota Jakarta.

"Kedepan diperlukan pula fokus penanganan pada aspek rekayasa sosial dan ekonomi yang menyentuh sendi-sendi kehidupan masyarakat perkotaan pada lingkup kawasan metropolitan Jakarta dan sekitarnya," tambahnya.

Aspek rekayasa sosial dan ekonomi tersebut, lanjut dia, melalui perencanaan dan perancangan kota yang lebih sensitif terhadap isu lingkungan dan mengadopsi prinsip pembangunan perkotaan berkelanjutan.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas