Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hentikan Perdebatan RUU Santet

Praktisi Hukum, Chandra M Hamzah meminta agar perdebatan mengenai Rancangan Undang-undang (RUU) KUHP terkait pasal santet agar

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Hentikan Perdebatan RUU Santet
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Chandra M.Hamzah 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Praktisi Hukum, Chandra M Hamzah meminta agar perdebatan mengenai Rancangan Undang-undang (RUU) KUHP terkait pasal santet agar dihentikan. Menurutnya, perdebatan yang terjadi di masyarakat tidak mutu.

"RUU santet merupakan perdebatan yang tidak mutu dan harap dihentikan, karena pasal tersebut delik formal. Apakah yang berdebat itu sudah membaca atau belum," kata Chandra M Hamzah di Kementerian Hukum dan HAM, Selasa (2/4/2013).

Chandra menjelaskan pasal 293 Rancangan KUHP berbunyi setiap orang yang menyatakan dirinya mempunyai kekuatan gaib, memberitahukan, memberikan harapan dan bantuan jasa kepada orang lain.

"Jadi, setiap orang yang menyatakan dirinya memilliki kekuatan gaib dan menawarkan jasa santet yang dapat menghilangakan nyawa orang, itu yang akan dikenai pasal santet," kata Chandra.

Chandra mencontohkan, jika ada orang pasang iklan di koran sanggup menghilangkan nyawa orang lain. Nah, penawaran jasa tersebut yang akan dipidanakan.

"Unsurnya adalah dia mengaku memiliki kekuatan gaib. Itu yang dibahas dalam pasal ini. Jadi, hentikanlah perdebatan santet yang tidak penting, mohon maaf," ujar Chandra.

BERITA TERKAIT
Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas