Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPK Kembali Panggil Anak Buah Budi Susanto

Hari ini, penyidik KPK kembali memanggil anak buah Budi Susanto sebagai saksi, untuk penyidikan proyek senilai Rp 196,8 miliar.

zoom-in KPK Kembali Panggil  Anak Buah Budi Susanto
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Budi Susanto (tengah) diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi di Jakarta, Jumat (1/3/2013). Budi diperiksa sebagai saksi bagi tersangka Djoko Susilo, atas dugaan tindak pidana pencucian uang. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Leonard AL Cahyoputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KPK terus mengembangkan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan simulator SIM di Korlantas Mabes Polri, dengan tersangka Direktur Citra Mandiri Metalindo Abadi (CMMA) Budi Susanto (BS).

Hari ini, penyidik KPK kembali memanggil anak buah Budi Susanto sebagai saksi, untuk penyidikan proyek senilai Rp 196,8 miliar. Mereka adalah Ade Rupendy, Asep Sofyan, Arivai, dan Fatmawati.

"Mereka diperiksa sebagai saksi untuk tersangka BS," ujar Kabag Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha, saat dikonfirmasi, Selasa (14/5/2013).

Selain anak buah BS, penyidik juga memanggil Direktur PT Adora Integrasi Solusi Vendra Wasnury beserta anak buhnya, VP Special Project Muhammad Kripsiyanto, Indra Kristiawan, dan Inggris Puspitadewi.

Dalam kasus simulator SIM, Budi juga ditetapkan sebagai tersangka. Dia bersama Djoko, Brigadir Jenderal Polisi Didik Purnomo, dan Sukotjo S Bambang, diduga melakukan tindak pidana korupsi yang menimbulkan kerugian negara hingga Rp 144 miliar.

PT CMMA yang dipimpin Budi merupakan pemenang tender proyek simulator roda dua dan roda empat, dengan nilai proyek Rp 196,8 miliar.

BERITA TERKAIT

Perusahaan itu kemudian diduga membeli barang dari PT Inovasi Teknologi Indonesia milik Sukotjo, dengan harga yang jauh lebih murah. Barang simulator diduga dibeli PT CMMA dari PT ITI, dengan harga sekitar Rp 90 miliar. Selain itu, Sukotjo pernah mengaku diminta Budi untuk mengantarkan uang Rp 2 miliar ke Djoko Santoso. (*)

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas