Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Tunjuk Chatib Basri Jadi Menteri Keuangan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya memutuskan untuk menunjuk Chatib Basri menjadi Menteri

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Presiden Tunjuk Chatib Basri Jadi Menteri Keuangan
dok
Chatib Basri 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya memutuskan untuk menunjuk Chatib Basri menjadi Menteri Keuangan (Menkeu) menggantikan Agus Martowardojo yang terpilih menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI).

"Dengan mempertimbangkan beberapa aspek, saya berikan kepercayaan dan penugasan Chatib Basri untuk menjadi Menkeu baru," ungkap Presiden dalam konferensi persnya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/5/2013).

Menurut SBY, Chatib adalah ekonom yang memiliki pengalaman dan penugasan yang luas--sekarang dia juga adalah kepala BKPM.

Kata SBY, selama kurang lebih 1 tahun menjabat sebagai kepala BKPM, investasi di Indonesia tumbuh signifikan. Tumbuh positifnya investasi ini penting menjadi penopang ekonomi dikala ekspor merosot.

Selain itu kata SBY, Chatib Basri juga pernah menjadi staf khusus Menkeu, pun demikian pernah sebagai deputi Menkeu untuk tugas-tugas di G-20. Bahkan sesaat sebelum menjadi Kepala BKPM, Chatib juga menjadi Ketua KEN.

"Karena itu, atas pendidikan, pengalaman, dedikasinya, saya memandang Chatib Basri cakap dann bisa emban tugas sebagai Menkeu," tegasnya.

Sebelum mengumumkan Menkeu yang baru, Presiden memanggil Chatib Basri untuk fit and proper test. Presiden pun menyampaikan 3 tugas penting buat Chatib Basri.

"Pertama jaga, kembangkan dan jaga kebijakan fiskal yang pruden. Dua, Menkeu juga harus bisa memberikan backup policy agar investasi di Indonesia terus meningkat. Ketiga, Menkeu juga harus bisa memberikan dukungan kebijakan agar investasi yang menciptakan tenaga kerja yang besar, termasuk industri yang membuka kesempatan kerja yang lebih luas," ungkapnya.

"Prioritas dan tugas-tugas yang mendesak adalah untuk mengawal RAPBN-Perubahan 2013, yang hari-hari sekarang ini siap dibicarakan DPR. Sekaligus mengawal RAPBN 2014 mendatang," ucapnya.

Lebih lanjut SBY katakan, pelantikan Chatib menjadi Menkeu akan dilakukan, Selasa (21/5/2013) besok.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas