Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pekan Depan BK Panggil Ketua Fraksi Bahas Anggota Malas

Badan Kehormatan (BK) DPR akan memanggil ketua fraksi pekan depan guna membahas absensi anggota dewan.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Pekan Depan BK Panggil Ketua Fraksi Bahas Anggota Malas
Ade Mayasanto/Tribunnews.com
Trimedya Panjaitan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Kehormatan (BK) DPR akan memanggil ketua fraksi pekan depan guna membahas absensi anggota dewan. Pasalnya, publik tengah menyorot permasalahan tersebut.

"Kan kita tidak bisa mengandalkan BK saja. Yang punya kekuatan untuk ingatkan atau menegur pada anggota dewan kan justru ketua-ketua fraksinya ," kata Ketua BK Trimedya Panjaitan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/6/2013).

Menurut Trimedya, peringatan tertulis yang dikeluarkan BK mengenai ketidakhadiran di rapat komisi dan paripurna belum menggugah anggota dewan untuk disiplin.

"Kalau ketua fraksi bisa bilang kamu enggak patuh, saya akan pindahin ke komisi lain. Ketakutan semua itu anggota dewan," tutur politisi PDIP itu.

Jadi, kata Trimedya, BK akan meminta komitmen dan kebersamaannya menjaga ritme kerja anggota dewan. BK mengaku memaklumi bahwa saat ini merupakan tahun politik dimana anggota dewan yang akan mencalonkan kembali sebagai anggota legislatif sering pergi ke daerah pemilihannya.

"Mereka juga kan dalam konteks persiapan pelaksaan pemilu nanti itukan akan banyak mengorbankan waktu, uang dan tenaga. Tentu mereka juga kan tidak mau kehilangan itu," katanya.

BERITA TERKAIT

Trimedya mengakui kondisi ini juga dialami DPR periode sebelumnya. Dimana menjelang pemilu kondisi DPR maupun rapat komisi serta rapat alat kelengkapan dewan selalu sepi.

"Cuma disitu , BK ingin mengajak, Pimpinan fraksi supaya sama-sama menjaga kinerja anggota dewan.Kalaupun pergi kedapilnya masing-masing, gantian lah," kata Trimedya.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas