Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BMKG: Gempa Susulan Aceh Akan Mereda Setelah 2-3 Minggu

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sedikitnya terjadi 88 kali gempa susulan paskagempa yang melanda

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in BMKG: Gempa Susulan Aceh Akan Mereda Setelah 2-3 Minggu
SERAMBI/M ANSHAR
Anggota TNI Batalion Infanteri 114 menemukan jenazah Lilis (11) di antara bebatuan pinggir Sungai Bah, Desa Seurampah, Ketol, Aceh Tengah, Jumat (5/7/2013). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sedikitnya terjadi 88 kali gempa susulan paskagempa yang melanda Aceh
Selasa ( 2/7/2013) lalu.

"Sampai tanggal 8 Juli telah terekam 88 kali gempa bumi susulan," kata Sri Woro Budiharjo, Kepala BMKG, saat memberikan keterangan pers di kantornya, Jakarta, Selasa (9/7/2013).

BMKG memprediksi aktifitas gempa bumi susulan akan menuju normal sekitar 2-3 minggu.

"Gempa susulan akan mereda pada 2-3 minggu setelah gempa pertama terjadi," lanjutnya.

Untuk itu, peran BMKG sangat penting dalam mengedukasi warga terutama korban gempa. Sebab, warga hanya mengetahui gempa masih berlangsung jika masih terasa guncangannya.

"Warga ini resah. Karena yang mereka tahu kalau masih goyang berarti masih gempa. Padahal, gempa yang dirasakan tidak sebesar dan berangsur hilang," tukasnya.

Dari hasil observasi lapangan tim BMKG, dampak getaran terbesar di Aceh Tengah dan Bener Meriah dengan intensitas VII MMI.

BERITA TERKAIT

Itu artinya kerusakan ringan pada bangunan dengan konstruksi yang kuat. Retak-retak pada bangunan dengan konstruksi yang kurang baik, dinding dapat lepas dari rangka rumah, cerobong asap pabrik dan monumen-monumen roboh, air menjadi keruh.

Tags:
Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas