Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Itjen kemendiknas Sawer Uang Saat Diaudit BPK

Bendahara Pengeluaran Pembantu di Inspektorat I Kemendiknas, Tini Suhartini mengakui pernah mengumpulkan uang dari lima Inspektorat

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Itjen kemendiknas Sawer Uang Saat Diaudit BPK
TRIBUN/DANY PERMANA
Mantan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) M Sofyan diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi di Jakarta Senin (20/5/2013). Sofyan ditahan KPK terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi pada pengelolaan anggaran di kementerian itu pada tahun anggaran 2009. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bendahara Pengeluaran Pembantu di Inspektorat I Kemendiknas, Tini Suhartini mengakui pernah mengumpulkan uang dari lima Inspektorat dalam rangka pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan di Itjen Kemendiknas.

Dijelaskan Tini perintah itu diterimanya dari Pelaksana Harian Sekretaris Itjen Kemendiknas, Sam Yhon.

"Benar, ada pengumpulan sumbangan uang itu. Yang mengkoordinir pak Sam Yhon. Kata dia waktu itu buat keperluan pemeriksaan BPK," kata Tini saat bersaksi utuk terdakwa mantan Itjen Kemendiknas Mohammad Sofyan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Kamis (11/7/2013).

Soyfan sendiri dijerat dalam perkara korupsi perjalanan fiktif dan kegiatan Itjen Kemendiknas pada tahun 2009.

Dalam kesaksian sama, Inspektur I Suharyanto senada dengan Tini. Menurut dia memang ada pengumpulan uang itu guna kepentingan pemeriksaan BPK.

"Tetapi jumlah uangnya saya kurang tahu. Karena dikumpulkan dari Inspektorat I sampai Inspektorat Investigasi. Setelah itu diberikan ke Pak Sam Yhon," kata Suharyanto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas