Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Panglima TNI Desak Pemerintah Selesaikan Batas Negara

Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mendorong pemerintah segera menuntaskan batas-batas dengan negara tetangga.

Penulis: Eri Komar Sinaga
zoom-in Panglima TNI Desak Pemerintah Selesaikan Batas Negara
KOMPAS/RADITYA MAHENDRA YASA
Pasukan TNI Yonif 407 Padmakusuma diberangkatkan ke Kalimantan Timur, untuk menjaga wilayah perbatasan, menggunakan KRI Teluk Bone dari Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (9/10/2012). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mendorong pemerintah segera menuntaskan batas-batas dengan negara tetangga. Penuntasan perbatasan penting bagi TNI untuk menjaga keamanan negara.

"Sebenarnya, konflik di perbatasan yang pertama dipicu oleh batas wilayah. Karena itu, penyelesaian batas wilayah harus terus didorong, agar kami mudah mengamankan," ujar Agus di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2013).

Pada umumnya, lanjut Agus, konflik-konflik tersebut timbul di wilayah perbatasan yang belum disepakati kedua negara.

Agus memaparkan, untuk menjaga perbatasan Indonesia, diperlukan pembentukan dan perekrutan Operasi Pengamanan Perbatasan (OPP).

OPP dibentuk dalam regu dan dikoordinir oleh batalyon, dan batalyon dikoordinir oleh brigade. Semuanya itu dibawah kendali Pandam wilayah sebagai Panglima Komando Pelaksana Operasi (Pangkulakops).

"Jadi, karena penjagaan perbatasan sifatnya terus menerus, maka kami bentuk organisasinya, permanen. Tapi, pengawasannya tetap didatangkan dari satuan-satuan yang sudah ada. Jadi, tidak menambah personel baru," jelas Agus. (*)

BERITA TERKAIT
Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas