Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mendagri: Soal Bentrok di Kendal Jadi Urusan Bupati

Gamawan mengatakan hal tersebut sudah menjadi kewenangan kabupaten atau kota yang bersangkutan

Penulis: Muhammad Zulfikar
zoom-in Mendagri: Soal Bentrok di Kendal Jadi Urusan Bupati
Tribun Jateng, Samsul Hadi
Polisi melakukan olah TKP peristiwa tabrakan mobil FPI dengan pengendara sepeda motor di Jalan Sukorejo-Sapen, Kendal, Jumat (19/7/2013). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi menyerahkan semua mengenai kasus bentrok warga dengan massa Front Pembela Islam (FPI) di Kendal kepada Bupati. Gamawan mengatakan hal tersebut sudah menjadi kewenangan kabupaten atau kota yang bersangkutan.

"Jadi Bupati tahap awalnya harus memberikan teguran," ujarnya usai pelantikan rektor IPDN di Jakarta, Senin (22/7/2013).

Lebih jauh Mendagri menjelaskan, apabila ada pelanggaran hukum yang terjadi dalam peristiwa bentrokan antara Front Pembela Islam (FPI) dengan warga di Kecamatan Sukorejo, Kendal maka harus diproses secara hukum.

"Masalah hukumnya harus diproses kalau ada pelanggaran," kata Gamawan.

Diketahui, Rabu (17/8/2013), sekitar pukul 15.00 WIB, sebuah ormas FPI melakukan sweeping di Lokalisasi Sarem dan beberapa tempat hiburan di Kecamatan Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah. Massa FPI tersebut datang mengendarai tiga unit mobil kemudian merusak tempat hiburan malam di lokasi tersebut. Ketika melakukan sweeping terjadi bentrokan dengan warga sekitar.

Kamis (18/7/2013), warga Sukorejo mendapat kabar akan ada serangan balasan dari kelompok FPI. Sejumlah warga sudah berjaga-jaga di sekitar desa masing-masing. Sekitar pukul 13.00 WIB, kelompok FPI datang ke Sukorejo dengan  mengendarai sekiar tujuh unit mobil dengan dikawal polisi.

Ormas FPI mengelilingi kampung Sukorejo. Mengetahui hal itu, sebagian warga keluar dan berkumpul di Bundaran Sukorejo. Sempat terjadi bentrokan lagi antara warga dan FPI. Ketika terjadi bentrok, massa FPI kabur menggunakan mobil. Saat kabur, mobil yang ditumpangi massa FPI menabrak seorang ibu pengendara sepeda motor di Jalan Sukorejo-Parakan. Ibu pengendara sepeda motor itu berboncengan dengan anaknya. Ibu tersebut terseret hingga tewas.

BERITA TERKAIT

Hal itu semakin memicu kemarahan warga. Ratusan warga berdatangan ke lokasi. Warga mengejar mobil yang ditumpangi massa FPI yang menabrak ibu pengendara motor.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas