Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wakapolri Pimpin Langsung Seleksi Akhir Calon Taruna Akpol

Wakapolri Komjen Polisi Nanan Sukarna memimpin langsung seleksi akhir calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di Kampus Akpol

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Sanusi
zoom-in Wakapolri Pimpin Langsung Seleksi Akhir Calon Taruna Akpol
fiveprime
marching band Akpol 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakapolri Komjen Polisi Nanan Sukarna memimpin langsung seleksi akhir calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di Kampus Akpol, Semarang, Jawa Tengah.

Seleksi yang dimulai sejak 3 Juli 2013 hingga hari ini tersebut berupa pemeriksaan penampilan calon taruna.
Dalam keterangan persnya, Nanan menjelaskan program unggulan Polri dalam bidang rekrutmen anggota diantaranya komitmen dalam mewujudkan penerimaan calon anggota Polri melalui prinsip-prinsip penerimaan yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis.

"Ini merupakan salah satu implementasi dari reformasi birokrasi Polri, yang bertujuan menciptakan birokrasi yang bersih, efesien dan produktif, transparan, melayani, dan akuntabel, guna mewujudkan clean government dan good governance," kata Nanan, Rabu (24/7/2013).

Nanan mengatakan, dalam pelaksanaannya setiap tahapan seleksi penerimaan mempunyai keterkaitan penilaian yang sangat menentukan terhadap calon anggota Polri khususnya Taruna Akpol.

"Diharapkan mereka yang terpilih dapat menjadi anggota Polri yang tegas dan berwibawa di dalam menjalankan tugas, serta bertindak profesional, bermoral dan modern," katanya.

Kata Nanan, animo pendaftar calon Taruna Akpol di seluruh Indonesia saat ini mencapai 19.327 orang yang terdiri dari pria sebanyak 17.208 orang dan wanita 2.119 orang.

Setelah melalui seleksi di wilayah kepolisian daerah masing-masing, yang lolos hingga tahap akhir seleksi yakni pemeriksaan penampilan, sesuai kuota yang tersedia sebanyak 439 orang. Pemeriksaan tersebut berlangsung di kampus Akpol, Semarang, Jawa tengah, mulai 3-24 Juli 2013.

BERITA TERKAIT

"Sementara pengumuman kelulusan dilaksanakan pada Kamis 25 Juli 2013 yang dihadiri oleh para orang tua calon taruna," ungkap jebolan Akpol terbaik 1978 ini.

Mekanisme pengumuman yang akan dilaksanakan pada 25 Juli 2013 akan ditampilkan secara terbuka di hadapan pada calon taruna dan para orang tua.

"Seluruh nilai akan di-input ke dalam komputer, dan secara langsung ditampilkan pada screen besar sehingga seluruh peserta dapat menyaksikan langsung hasil penilaian masing-masing individu secara transparan. Bagi mereka yang dinyatakan tidak lulus akan dipulangkan bersama orang tua masing-masing," katanya.

Dari 439 calon Taruna Akpol yang berhasil mengikuti seleksi tahap akhir tahun ini, hanya 300 orang yang akan dinyatakan lulus. Mereka terdiri dari 250 pria dan 50 wanita. Tim pemeriksa seleksi akhir atau seleksi penampilan yang dipimpin langsung Wakapolri ini beranggotakan Irwasum, Kalemdikpol, As SDM Kapolri, Kadivpropam Polri, serta Gubernur Akpol.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas