Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tersangka Kasus Flu Burung Dituntut 5 Tahun Penjara

Ratna Dewi telah tebukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi

Penulis: Edwin Firdaus
zoom-in Tersangka Kasus Flu Burung Dituntut 5 Tahun Penjara
TRIBUN/DANY PERMANA
Mantan Direktur Bina Pelayanan Medik Kementerian Kesehatan Ratna Dewi Umar (kiri) menjalani persidangan dengan agenda pemeriksaan saksi, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (3/6/2013). Ratna diajukan ke pengadilan karena diduga terkait kasus korupsi pengadaan alat kesehatan penanggulangan flu burung tahun 2006 di Kementrian Kesehatan. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut terdakwa dugaan korupsi alat kesehatan dan reagen consumable flu burung, Ratna Dewi Umar, lima tahun penjara dengan penahanan.

Selain itu, JPU KPK juga menuntut mantan Kepala Bina Pelayanan Medik, Direktorat Jenderal Pelayanan Medik Kementerian Kesehatan itu membayar denda Rp 500 juta subsidair enam bulan kurungan.

JPU KPK, Tresno Anto Wibowo, menyatakan, Ratna Dewi telah tebukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan primer.

JPU Kiki Ahmad Yani, menegaskan, seluruh unsur melawan hukum seperti dalam dakwaan primer yang dilakukan Ratna sudah terpenuhi. Karenanya, JPU KPK tidak perlu lagi membuktikan dakwaan subsider.

Dia menjelaskan, hal yang memberatkan Ratna adalah tidak mendukung upaya pemberantasan tindak pidana korupsi. Ratna juga dianggap melanggar hak sosial, karena menggunakan angaran negara dengan tidak bertanggungjawab.

Hal yang meringankan, Ratna berlaku sopan, pernah mendapatkan penghargaan, aktif di kegiatan sosial.

"Terdakwa juga mengakui dan menyesali perbuatannya serta belum pernah dihukum," kata JPU Kiki saat membacakan surat Tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (1/8/2013).

BERITA TERKAIT

Atas tuntutan ini, Ratna menyatakan akan melayangkan pledoi (pembelaan) pribadi. Penasihat Hukumnya juga akan mengajukan pledoi.

"Saya sudah membuat sendiri Yang Mulia," kata Ratna yang mengenakan kemeja garis-garis itu.

Ketua majelis hakim Nawawi Pomolango, menyatakan sidang akan dilanjutkan pada 15 Agustus 2013, untuk mendengarkan pledoi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas