Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Antisipasi Puncak Arus Mudik pada Minggu Malam

Kepadatan arus mudik pada H-5 Lebaran tahun ini, kondisinya sama dengan H-3 Lebaran tahun lalu.

Penulis: Adi Suhendi
zoom-in Polisi Antisipasi Puncak Arus Mudik pada Minggu Malam
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Kapolri Jenderal Timur Pradopo didampingi Panglima TNI Jenderal Agus Suhartono dan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, saat memberi keterangan pers di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (3/8/2013). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepadatan arus mudik pada H-5 Lebaran tahun ini, kondisinya sama dengan H-3 Lebaran tahun lalu.

Itu berdasarkan hasil pemantauan Kapolri Jenderal Timur Pradopo bersama Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono ke Pelabuhan Merak, Pelabuhan Bakauheni, Cikampek, serta Pantura.

"Hari ini, dari sisi pengamanan H-5, laporan dari wilayah yang kami lakukan pengecekan H-5, dari fluktuasi yang mudik, sama dengan H-3 tahun kemarin," kata Kapolri, Sabtu (3/8/2013), ujar Kapolri saat ditemui wartawan di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, usai melakukan pemantauan udara.

"Mudah-mudahan tidak memanfaatkan waktu untuk mudik menjelang H-3. Mudah-mudahan ini akan lebih memermudah pengaturan dan memerlancar volume yang selama ini kalau menjelang Lebaran terjadi penumpukan," harap Timur.

Secara umum, menurut Timur, arus mudik untuk lintas Sumatera dan lintas Jawa saat ini, bisa dikatakan lancar. Namun, Kepolisian memerediksi lonjakan arus mudik akan terjadi pada Minggu (4/8/2013) malam.

"Kondisi tadi lancar, kemudian tentunya nanti malam siap. Besok siang siap, kemudian malamnya siap, artinya bisa saja puncaknya besok malam, tapi kita lihat saja," paparnya.

Peningkatan arus lalu lintas sudah terjadi sejak kemarin sore, hal tersebut terbukti dengan digunakannya jalur alternatif di Cikampek.

BERITA TERKAIT

"Semua berjalan baik, termasuk kondisi jalan, termasuk jalan alternatif. Di Cikampek tadi malam sudah diberlakukan jalur alternatif, artinya ada penambahan (pemudik) yang cukup signifikan tadi malam, tapi semua sudah melewati Cirebon," bebernya. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas