Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

31 Pulau Terluar Jadi Perhatian pemerintah

Pulau-pulau kecil terluar tersebut memiliki tiga fungsi penting. Pertama, fungsi pertahanan keamanan, fungsi ekologi, dan ketiga fungsi ekonomi.

Penulis: Arif Wicaksono
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in 31 Pulau Terluar Jadi Perhatian pemerintah
Pajak
Ketahanan Nasional di Pulau Terluar Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (KP3K) KKP, Sudirman Saad, mengatakan dari 92 pulau-pulau terluar yang tersebar di 20 Provinsi di indonesia, 31 pulau diantaranya berpenduduk dan menjadi perhatian bagi pemerintah indonesia. 

Menurutnya, pulau-pulau kecil terluar tersebut memiliki tiga fungsi penting. Pertama, fungsi pertahanan keamanan, fungsi ekologi, dan ketiga fungsi ekonomi.

“Sebagai daerah transit dan tempat keluar masuknya orang dan barang antar negara menjadikan PPKT sebagai kawasan nasional strategis yang wajib diperhatikan pemerintah,” tandasnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (17/8/2013).

Maka dari itu, KKP kata Sudirman telah menetapkan Program strategis yang telah dilakukan oleh Tim Kerja Perpres 78 tahun 2005. Diantaranya, sinkronisasi program dan kegiatan pengelolaan PPKT lintas Kementerian atau Lembaga (K/L).

Seperti pembangunan sarana jalan, air bersih, pendidikan, kesehatan, tempat ibadah, tugu perbatasan, penerangan, sarana transportasi antar pulau, dan sarana telekomunikasi. Kemudian, bantuan sarana usaha perikanan skala kecil, seperti coolbox, mesin tempel, jaring dan alat tangkap.

"Dengan program yang kami kembangkan, kini warga di pulau-pulau kecil terluar itu, merasa tersejahterakan dan merasa bangga menjadi bangsa Indonesia”, tuturnya.

Sudirman menambahkan, khusus penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-68akan dilaksanakan di Pulau Alor, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebelumnya, pada 2009 digelar di Pulau Marore, Sulawesi Utara bersamaan dengan Sail Bunaken.

BERITA TERKAIT

Pada 2010 di Pulau Kisar, Maluku  bersamaan Sail Banda. Lalu pada 2011 di Pulau Lingayan Sulawesi Tengah bersamaan Sail Wakatobi-Belitong. Dan pada 2012 di Pulau Morotai Maluku Utara bersamaan Sail Morotai.

“Dipilihnya Pulau Alor kali ini, karena merupakan salah satu pulau terluar yang berbatasan dengan negara Timor Leste, serta untuk mendukung penyelenggaraan Sail Komodo 2013 di Provinsi Nusa Tenggara Timur,” katanya.

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas