Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden SBY Bakal Resmikan Kongres Diaspora II di JCC

Presiden SBY meresmikan Kongres Diaspora, di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC), Senin (19/8/2013).

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Presiden SBY Bakal Resmikan Kongres Diaspora II di JCC
Tribun Jakarta/JEPRIMA
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memimpin langsung upacara detik-detik proklamasi dan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-68 dengan tema Mari kita jaga stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan rakyat di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2013). Pada upacara ini SBY didampingi Ibu Ani Yudhoyono beserta Wakil Presiden Boediono beserta istri Herawati Boediono. (Tribun Jakarta/Jeprima) 

 Tribunnews.com, JAKARTA--  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan Kongres Diaspora, di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC), Senin (19/8/2013).


Berdasarkan agenda dari Biro Pers Rumah Tangga Kepresidenan, presiden akan meresmikan Konggres ini pukul 11.00 WIB.

Kongres Diaspora Kedua ini akan diikuti 2.000 peserta. Staf Ahli Menteri Luar Negeri Bidang Ekososbud sekaligus Kepala Desk Diaspora Indonesia M Wahid Supriyadi mengatakan dalam kongres ini ada 11 kelompok kerja di antaranya kelompok kerja green economy, culinary, aerospace, public health care, dan liveable cities.

Wahid menjelaskan bahwa Indonesia Diaspora Network berada di 21 negara antara lain di Amerika Serikat, Arab Saudi, dan Belanda.

Di kesempatan yang sama President of Diaspora Indonesia, Mohammad Al-Arif, mengatakan bahwa Diaspora Indonesia memiliki tiga kategori. Mereka adalah WNI yang bertempat tinggal di negara lain, WNI yang telah menjadi WN asing, dan warga negara asing tetapi memiliki afinitas untuk Indonesia.

"Lima pilar dari diaspora Indonesia adalah business and investment, kegiatan sosial, pertukaran pelajar, advokasi kebijakan dan profesional networking," kata Arif.

Agenda di hari pertama pada 18 Agustus antara lain pembukaan expo yang terdiri dari jobfair, education, food bazar, travel fair dan UKM fair. Sedangkan pada 19 Agustus, pembukaan Kongres Diaspora Indonesia kedua yang akan dihadiri Presiden SBY dan diisi pertunjukan budaya.

"Tanggal 20 Agustus, lanjutan pertemuan task force, pertemuan pleno dan closing ceremony yang akan ditutup oleh Menlu," imbuh Arif.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas