Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Harta Sekjen ESDM Rp 41,9 Miliar

Masih dalam LHKPN-nya, Waryono tercatat memiliki lebih dari 200 lahan dengan luas ukuran yang berbeda-beda di sejumlah daerah.

Penulis: Edwin Firdaus
zoom-in Harta Sekjen ESDM Rp 41,9 Miliar
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Pekerja melintas di depan logo Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), di kantor SKK Migas, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2013). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal ESDM Waryono Karno ternyata memiliki jumlah harta yang fantastis. Itu sesuai laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) miliknya yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 16 Juni 2011.

Bagaimana tidak? Sebagai pejabat karier di bawah kementerian pimpinan Jero Wacik, ternyata di tahun itu Waryono telah memiliki total harta yang mencapai Rp 41,9 miliar.

Bahkan, Waryono yang dianggap tahu oleh KPK terkait kasus dugaan suap SKK Migas, juga memiliki uang dolar Amerika serikat yang mencapai 22.482 dolar. Hingga harta itu dilaporkan ke KPK, Waryono tercatat tidak memiliki utang sepeser pun.

Masih dalam LHKPN-nya, Waryono tercatat memiliki lebih dari 200 lahan dengan luas ukuran yang berbeda-beda di sejumlah daerah. Mulai dari Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Tegal, Brebes, dan sejumlah lahan di kawasan Tangerang Selatan.

Bila ditotal, harta tanahnya saja mencapai Rp 37,7 miliar. Terjadi peningkatan hampir 100 persen dibanding tahun 2008, saat pertama kali ia mengisi laporan harta kekayaan.

Pada alat transportasi, jumlah kekayaan Waryono hanya mencapai Rp 115 juta. Sedangkan untuk sektor peternakan, perkebunan, hingga pertambangan, hartanya setara dengan Rp 477,8 juta. Sementara, tabungan giro Waryono mencapai Rp 3,16 miliar.

Pada kasus SKK Migas, Waryono kini berstatus cegah bepergian ke luar negeri. Ia dicegah penyidik karena dianggap tahu kasus yang sudah menjerat Kepala SKK Migas non aktif Rudi Rubiandini, petinggi Kernel Oil Simon Tanjaya, dan Deviardi, sebagai tersangka.

BERITA TERKAIT

KPK sebelumnya telah menggeledah ruang kerja Waryono terkait perkara itu, dan ditemukan uang sebesar 2.000 dolar AS di dalam tas yang ditaruh di atas mejanya, dan sudah disita KPK. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas