Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polri tak Berikan Pengamanan Khusus untuk Djoko Susilo

Polri tidak akan memberikan perlakuan khusus kepada Djoko Susilo.

Penulis: Adi Suhendi
zoom-in Polri tak Berikan Pengamanan Khusus untuk Djoko Susilo
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Terdakwa kasus korupsi pengadaan alat simulator SIM di Korlantas Mabes Polri, Djoko Susilo, menjalani sidang nota pembelaan atas tuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2013). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri tidak akan memberikan perlakuan khusus kepada Djoko Susilo, meskipun jenderal polisi bintang dua masih tercatat sebagai perwira tinggi aktif.

Wakapolri Komjen Oegroseno mengungkapkan, tidak ada pengamanan khusus untuk sang mantan Kepala Korps Lalu Lintas Polri.

"Tidak ada (pengamanan khusus). Dari awal, kalau sudah proses peradilan, itu sudah proses hukum," kata Oegro, Selasa (3/9/2013).

Meskipun Irjen Djoko Susilo masih menjadi polisi, Polri tak mau ada semacam loyalitas buta terhadap orang yang pernah menduduki jabatan strategis di kepolisian.

"Kami bicara jangan sampai kami timbul semacam loyalitas buta. Tidak (boleh). Jadi, kami ikuti prosedur yang digariskan negara. Itu yang kami jadikan panutan," tuturnya.

Kepolisian pun tetap memberikan hak-hak terhadap Djoko Susilo sebagai warga negara, sampai keputusannya mendapatkan kekuatan hukum tetap mulai dari banding, kasasi, sampai peninjauan kembali.

"(Haknya sebagai anggota Polri) menunggu proses terakhir bagaimana dia. Kalau sudah final kan ada pertimbangan ke dalam internal kepolisian," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Djoko Susilo saat ini menjalani sidang vonis di Pengadilan Tipikor, Selasa (3/9/2013). Ia menjadi terdakwa dalam kasus pengadaan alat simulator SIM, dan dituntut 18 tahun penjara. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas