Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Calon Hakim Agung

KY Akan Umumkan Hasil Pemeriksaan Hakim Sudrajad Dimyati

Komisi Yudisial (KY) akan mengumumkan hasil pemeriksaan terhadap calon hakim agung Sudrajad Dimyati terkait dugaan transaksi di toilet DPR

KY Akan Umumkan Hasil Pemeriksaan Hakim Sudrajad Dimyati
Istimewa/NET
Hakim Sudrajad Dimyati 

Laporan Wartawan Tribunnews, Eri Komar Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) akan mengumumkan hasil pemeriksaan terhadap calon hakim agung Sudrajad Dimyati terkait dugaan transaksi yang dilakukannya dengan anggota Komisi III DPR RI.

Pekan lalu diberitakan, usai menjalani uji kepatutan dan kelayakan calon hakim agung, seorang pewarta media nasional mengaku melihat Sudrajad memindahkan benda mirip amplop di toilet DPR kepada anggota Komisi III DPR Fraksi PKB, Bachrudin Nasori.

"Nanti yang pasti KY akan mem-publish (menerbitkan, red) karena ini menyangkut publik. Pemeriksaan itu mencari informasi apa yang sebenarnya terjadi," ujar Juru Bicara KY, Asep Rahmat Fajar, saat memberikan keterangan pers bersama Sudrajad di KY, Jakarta, Kamis (29/9/2013).

Lebih lanjut dikatakan Asep, jika dalam pemeriksaan hari ini Sudrajad benar melakukan transaksi politik dengan Bachrudin, lembaga penjaga marwah hakim itu akan menjatuhkan sanksi. Namun jika tidak benar, hakim pengadilan tinggi Pontianak itu berhak mendapatkan rehabilitasi nama.

"Kalau tidak terbukti direhab nama baiknya. Kalau terbukti akan dilihat (kesalahan Sudrajad) apakah itu berat, sedang, atau ringan," terang Asep.

Adapun Sudrajad tidak terpilih dalam uji kepatutan dan kelayakan calon hakim agung tersebut. Dari 12 CHA yang disodorkan KY, hanya empat CHA yang terpilih. Paskakejadian tersebut anggota Komisi III Bahcrudin dipindahkan ke komisi lain.

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas