Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pecalang akan Bantu Amankan KTT APEC

Pasukan gabungan disebar di seluruh titik vital, seperti lokasi konferensi, pintu masuk ke Bali, hingga obyek-obyek wisata.

zoom-in Pecalang akan Bantu Amankan KTT APEC
NET
Pecalang di Bali. 

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Meski sudah mengerahkan 11 ribu pasukan, TNI-Polri tetap meminta bantuan masyarakat untuk mengamankan KTT APEC 2013, awal Oktober nanti.

Salah satu unsur masyarakat yang dilibatkan adalah pecalang atau petugas keamanan desa adat di Bali.

Keberadaan pecalang dinilai penting untuk meminimalisasi penduduk yang tidak memiliki identitas lengkap, dan berpotensi mengganggu keamanan KTT APEC.

"Dalam pengamanan ini, kami melibatkan masyarakat, termasuk pecalang. Itulah bagian filter kami, kalau ada kegiatan-kegiatan masyarakat yang mengancam event APEC," ujar Kapolri Jenderal Timur Pradopo, usai apel gelar pasukan di Lapangan Renon, Denpasar, Bali, Kamis (26/9/2013).

Sejumlah organisasi masyarakat, seperti Laskar Bali, juga dilibatkan dalam pengamanan APEC, dan ikut dalam apel gelar pasukan siang tadi.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 11 ribu pasukan gabungan TNI-Polri disiagakan untuk pengamanan KTT ke-21 APEC, di Nusa Dua Bali, pekan depan.

Pasukan gabungan disebar di seluruh titik vital, seperti lokasi konferensi, pintu masuk ke Bali, hingga obyek-obyek wisata. (*)

BERITA TERKAIT
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas