Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Langkah Agar Dokter dan Pasien Tak Ada yang Dirugikan

Untuk menghidari adanya pihak yang dirugikan, dinilai perlu kesepakatan tertulis antara dokter dan pasien sebelum proses medis.

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in  Ini Langkah Agar Dokter dan Pasien Tak Ada yang Dirugikan
Tribun Manado/Alfa Pattyranie
Demo dokter di Kejaksaan Tinggi Sulut. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Samuel Febriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk menghidari adanya pihak yang dirugikan, dinilai perlu dibuatnya kesepakatan tertulis antara dokter dan pasien sebelum dilakukan proses medis.

Menurut praktisi dokter, yang juga merupakan pengamat hukum praktek kedokteran, Profesor Dr dr Eka Wahjoepramono SpBS, hal itu dapat meminimalisir adanya pihak yang dirugikan setelah proses medis selesai dilakukan.

"Perlu ada perjanjian, jadi pasien diberi penjelasan oleh dokter dan memahami tujuan, dan kemungkinan risiko medis. Dan sebelum ada tindakan medis dilakukan harus ada perjanjian," ujarnya.

Indonesia menurutnya harus mencontoh standar prosudur yang ada di Amerika Serikat, di mana sebelum dilakukannya tindakan medis pasien harus menandatangani sejumlah persetujuan.

"Salah satunya tidak boleh menuntut. Dokter dan penegak hukum harus membahas ini bersama-sama, kita wacanakan ini," tuturnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas