Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Alasan Nama Anies Baswedan Masuk Lima Besar Capres Potensial

Nama capres Satu diantaranya adalah akademisi Anies Baswedan.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Alasan Nama Anies Baswedan Masuk Lima Besar Capres Potensial
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Akademisi yang juga peserta Konvensi Partai Demokrat, Anies Baswedan memaparkan pandangannya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (9/12/2013). Anies menitikberatkan kepada perbaikan pondasi bangsa lewat pendidikan untuk menuju Indonesia yang lebih baik. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain nama Gubernur DKI Jakarta Jokowi, masih ada lima nama lain yang dinilai pantas dipertimbangkan menjadi calon Presiden (capres). Satu diantaranya adalah akademisi Anies Baswedan.

Dua nama yang berada diatas nama Anies yakni Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Wagub DKI Basuki Tjahaja Purnama. Pakar psikologi politik dari Universitas Indonesia, Hamdi Muluk, menjelaskan alasan kenapa nama Anies bisa menyodok sampai tiga besar capres potensial.

"Anies itu intelektualnya bagus, kuat di gagasan. Rekam jejak publik, integritasnya bagus. Hanya saja Anies belum punya panggung untuk mengeksekusi gagasannya," kata Hamdi di hotel Morrisey, Minggu (29/12/2013).

"Gagasan Anies itu bagus. Misalnya dia keluar dengan gagasan Indonesia mengajar. Persoalan bangsa dimulai dari pendidikan. Itu sebabnya dia muncul di nomor tiga," tambahnya.

Sedangkan pakar komunikasi politik UIN, Gun Gun Heryanto, menuturkan bila diibaratkan sebuah brand, nama Anies termasuk brand yang kompetitif dan punya daya tawar tinggi.

"Barangnya sendiri sudah brand yang kompetitif. Hanya saja panggung (politiknya) sesak. Kurang tepat juga. Menurut saya, akan lebih bagus kalau dia keluar dari konvensi Demokrat," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas