Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Regulasi dan Syariah Aspek Penting Pengelolaan Zakat

Kepatuhan pada regulasi dan syariah menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam pengelolaan zakat dari lembaga

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Regulasi dan Syariah Aspek Penting Pengelolaan Zakat
Tribunnews.com/Eko Sutriyanto
CEO PKPU, Agung Notowiguno (kiri) dan Rusli Shoheh, wakil ketua DPRD Kabupaten Tanggamus berbagi kenang-kenangan saat berkunjung ke kantor PKPU Condet Jakarta, Kamis (9/1/2014). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepatuhan pada regulasi dan syariah menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam pengelolaan zakat dari lembaga manapun.

Dalam menghimpun dana harus ada rambu-rambu, transparan dan akuntabel, atau menganut prinsip-prinsip akuntability serta menguatkan syiar tentang zakat.

Perlu diperhatikan porsi yang semakin besar untuk sektor pemberdayaan, sehingga zakat mampu mengentaskan kemiskinan.

"Tentu disesuaikan potensi daerah yang membutuhkan pemberdayaan dari zakat, memperhatikan kode etik," kata Wildhan Dewayana, Managing Director PKPU saat menerima 10 anggota DPRD Kabupaten Tanggamus di kantor PKPU Jakarta, Kamis (9/1/2014).

CEO Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU), Agung Notowiguno pengelolaan zakat yang berbentuk program pemberdayaan umat harus disesuaikan dengan kebutuhan riil masyarakat. PKPU telah melakukan kajian potensi daerah yang kemudian menjadi buku Indeks Pemetaan Potensi Daerah.

"Kami menggarap serius pengelolaan zakat ini dalam program-program microfinance and economic empowerment, Social Services, Education and Child Protection, Health Program, and Disaster Risk Management," katanya.

BERITA TERKAIT

Tiap tahun PKPU memaparkan secara terbuka kehadapan publik penghimpunan dan penyalurannya hingga di mustahik.

"Bukan program yang sekali jadi, namun program-program yang memberi pendampingan hingga tercapainya kemandirian tersebut," kata Agung Notowiguno.

Dalam kesempatan itu, Rusli Shoheh, wakil ketua DPRD Kabupaten Tanggamus menyatakan, kedatangan rombongannya ke PKPU adalah belajar tentang penghimpunan dan pengelolaan zakat.

"Kunjungan ini juga dalam membuat rancangan Peraturan Daerah (PERDA) tentang penghimpunan dan pengelolaan zakat, itu bertujuan menggali lebih dalam aspek-aspek dalam pengelolaan zakat," katanya. (eko sutriyanto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas