Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

SBY Tahu Pasek Dipecat dari Demokrat

Pasek dipecat sesuai instruksi yang ditandatangani Ketua Harian Demokrat Syarief Hasan dan Sekjen Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in SBY Tahu Pasek Dipecat dari Demokrat
RUMGGAPRES/ABROR
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan (Wanhor) DPP Partai Demokrat, Amir Syamsuddin, menegaskan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengetahui pemecatan Gede Pasek Suardika dari anggota DPR Fraksi Demokrat. 

Pasek dipecat sesuai instruksi yang ditandatangani Ketua Harian Demokrat Syarief Hasan dan Sekjen Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

"Tentu (SBY tahu). Tidak mungkin (tidak tahu). Atau dilaporin paling tidak," kata Amir di gedung DPR RI Jakarta, Rabu (22/1/2014).

Dia mendukung pemecatan yang dilakukan Syarief Hasan sebab jalurnya sudah benar sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar (AD) Partai Demokrat yang sudah disahkan oleh pemerintah.

"Jadi soal (pecat Pasek) itu sepenuhnya kewenangan DPP. Dan anggaran dasar Partai Demokrat jelas mencantumkan mandat ketua harian Demokrat," kata Amir.

Ditegaskan Wanhor Demokrat tidak selamanya harus memberikan rekomendasi pemecatan kader.

"Posisi Dewan Kehormatan lebih pada adanya pengaduan yang masuk ke Komite Pengawas terkait pelanggaran kode etik tetapi Dewan Kehormatan biasanya hanya merekomendasikan.

BERITA TERKAIT

Kasus saudara Pasek ini DPP Demokrat bisa menggunakan kewenangannya sebagaimana diatur dalam UU Parpol untuk melakukan recall. Hak itu diatur tampa harus rekomendasi Dewan Kehormatan partai," kata Amir.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas