Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Protes Singapura Belum Berdampak pada Kerjasama Militer Indonesia

Sekarang belum ada dampaknya. Dan kami berharap ke depan juga tidak ada.

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Protes Singapura Belum Berdampak pada Kerjasama Militer Indonesia
DOK
Sersan Usman (kiri) dan Kopral Harun (kanan) Dua prajurit KKO ini digantung pemerintah Singapura saat konfrontasi Dwikora tahun 1968 yang namanya bakal diabadikan di Kapal Perang Republik Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penggunaan nama Usman Harun pada kapal perang baru RI menuai protes dan keprihatinan dari pemerintah Singapura. Namun, pemerintah Indonesia tetap menggunakan kedua nama prajurit Marinir TNI itu.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut, Laksamana Untung Surapati mengatakan, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan AL Singapura sejak 2004. Hingga saat ini, kerjasama tersebut masih berlangsung.

"Sekarang belum ada dampaknya. Dan kami berharap ke depan juga tidak ada," kata Untung saat berbincang dengan Tribun, Sabtu (9/2/2014).

Menurut Untung, kerjasama TNI AL dan militer AL Singapura terbilang sangat baik. Dan ia berharap tidak setujunya Singapura terhadap penggunaan nama Usman Harun pada KRI tidak berdampak pada kerjasama militer AL kedua negara.

"Hubungan kami sangat baik, hampir di semua lini. Kami ada kerjasama Patkor, Patroli Koordinasi di Selat Malaka sejak 2004. Patroli itu melibatkan tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Selain itu kami juga ada kerjasama latihan gabungan dan pendidikan," ujarnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas