Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi juga Favorit Sebagai Cawapres

Joko Widodo tak hanya memiliki elektabilitas sebagai calon presiden yang tinggi

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Jokowi juga Favorit Sebagai Cawapres
Tribunnews/HERUDIN
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Joko Widodo tak hanya memiliki elektabilitas sebagai calon presiden yang tinggi, Gubernur DKI Jakarta itu juga memiliki elektabilitas yang tinggi jika menjadi calon wakil presiden. Hal itu terlihat dari survei yang dilakukan oleh Pusat Data Bersatu.

Agus Herta Peneliti PDB mengatakan, Jokowi berhasil menduduki elektabilitas Cawapres tertinggi. "Elektabilitas Jokowi sebagai Cawapres sebesar 14,5 persen," kata Agus di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Jumat (21/2/2014).

Agus mengatakan, ditempat kedua ada nama Jusuf Kalla dengan elektabilitas sebesar 11,2 persen yang dibawahnya ada Dahlan Iskan dengan 6,4 persen. Sementara, ada Basuki Tjahaja Purnama nama yang tidak pernah dibicarakan sebagai calon presiden namum memiliki elektabilitas tinggi sebagai Cawapres.

"Basuki memiliki elektabilitas 5,9 persen unggul dari Hatta Rajasa yang 4,4 persen atau Hary Tanoe 3,9 persen," tuturnya.

Agus menjelaskan, survei PDB menggunakan teknik wawancara melalui telepon pada 7 - 10 Februari 2014. Responden dipilih secara acak sistematis berdasarkan buku petunjuk telepon residensial yang diterbitkan oleh PT Telkom.

Untuk jumlah sampel ada 1.200 orang mewakili masyarakat penggunan telepon di 15 kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, Mataram, Kupang, Makassar, Ambon dan Jayapura.

"Untuk survei ini margin of error +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," katanya.

BERITA REKOMENDASI
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas