Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDI Perjuangan Parpol Elektabilitas Tertinggi per Februari 2014

PDI Perjuangan ada diurutan nomor satu dalam survei terbaru kami dengan elektabilitas 21,4 persen.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in PDI Perjuangan Parpol Elektabilitas Tertinggi per Februari 2014
Wikipedia
Logo PDIP 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Media Survei Nasional (Median) mencoba memotret elektabilitas partai politik sebelum pemilihan umum. Hasilnya PDI Perjuangan menjadi Parpol yang memiliki elektabilitas tertinggi dibanding Parpol peserta Pemilu lainnya, setelah PDI Perjuangan diurutan kedua ada partai Golkar.

"PDI Perjuangan ada diurutan nomor satu dalam survei terbaru kami dengan elektabilitas 21,4 persen. Diurutan kedua ada partai Golkar yang mendapatkan 17,8 persen," kata Sudarto, Direktur Riset Median, di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (4/3/2014).

Sudarto menjelaskan, surveinya dilakukan pada 28 Januari hingga 15 Februari 2014 dengan melibatkan 1.500 responden warga negara Indonesia. Menurutnya, sampel dipilih secara random dengan teknik Multi Stage Random Sampling dan proporsional dengan Margin of error sebesar +/- 2,57 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

"PDI-P merupakan partai dengan elektabilitas tertinggi per Februari 2014," tuturnya.

Sudarto mengatakan, bukan tidak mungkin PDI Perjuangan disusul oleh partai Golkar yang ada diurutan kedua karena situasi politik yang terjadi. Menurutnya, perbedaan persentase elektabilitas keduanya tidak terpaut jauh.

"Dengan margin error 2,57 persen, bukan tidak mungkin Golkar menyalip PDI-P. Keduanya masih bisa salip menyalip," ujarnya.

Lebih jauh Sudarto mengatakan survei Median dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan metode face to face interview. Ia mengatakan, Median survei mengelaborasi tingkat dukungan terhadap partai politik.

BERITA REKOMENDASI

"Kami ingin mengetahui tingkat dukungan masyarakat terhadap partai politik," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas