Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Calon Hakim Agung

Calon Hakim Agung Masih Didominasi Wajah Lama

Sebanyak 64 Calon Hakim Agung (CHA) yang lolos seleksi administrasi masih didominasi muka-muka lama

Calon Hakim Agung Masih Didominasi Wajah Lama
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Ilustrasi Hakim Agung 

Laporan Wartawan Tribunnews, Eri Komar Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Sebanyak  64 Calon Hakim Agung (CHA) yang lolos seleksi administrasi masih didominasi muka-muka lama. 38 diantaranya sudah pernah mengikuti seleksi sebelumnya.

"CHA yang sudah pernah mendaftar itu untuk kamar agama lima, kamar perdata 10, kamar pidana 17, tata usaha negara ada enam," ujar komisioner Komisi Yudisial (KY) bidang rekrutmen hakim, Taufiqurrahman Syahuri, saat memberikan keterangan pers di kantornya, Jakarta, Selasa (25/3/2014).

KY sendiri tidak mempermasalahkan wajah lama masih lolos karena itu tidak dilarang. Mereka hanya tidak boleh mendaftar lagi jika gagal dua kali berturut-turut.

"Meskipun pernah mendaftar tapi tidak lolos itu mereka boleh saja daftar lagi asal tidak berturut-turut dua kali (gagal)," lanjut Taufiq.

Taufiq sendiri mengakui minat hakim untuk mendaftarkan diri menjadi hakim agung masih rendah. Menurut Taufiq, hakim-hakim khususnya hakim pengadilan tinggi enggan mendaftar karena gajinya hakim agung rendah.

Pendaftar rekrutmen CHA kali ini juga tidak memenuhi ekspektasi KY. Dari 100 CHA yang ditargetkan, hanya 72 orang yang mendaftar. 64 CHA lolos seleksi administrasi dan delapan diantaranya dinyatakan tidak lolos.

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas