Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPK Beberkan Korupsi Ilham Arief Sirajuddin

penyalahgunaan kewenangan yang dilakukan Ilham tersebut diduga menguntungkan dirinya sendiri

Penulis: Edwin Firdaus
zoom-in KPK Beberkan Korupsi Ilham Arief Sirajuddin
tribun timur/muhammad abdiwan/muhammad abdiwan
Walikota Makassar menyampaikan sambutan dalam bedah buku biografinya Kritik Adalah Anugerah di Hotel Singgasana, Makassar, Senin (5/5). Buku berjudul, Kritik Adalah Anugerah, Kepemimpinan Ala Ilham Arief Sirajuddin. setebal 184 halaman ini ditulis Dosen Komunikasi Politik FISIP Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Dr Hasrullah. tribun timur/muhammad abdiwan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara KPK, Johan Budi membeberkan modus dugaan korupsi dalam kaitan kerjasama kelola dan transfer PDAM kota Makassar tahun 2006-2012, yang dilakukan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin.

Dikatakannya bahwa KPK menduga Ilham selaku pemegang kebijakan tertinggi di daerahnya itu melakukan penggelembungan harga pembayaran dari PDAM ke pihak swasta.

"Dimana ada sejumlah pembayaran yang harusnya dilakukan ke pihak pengelola," kata Johan Budi di kantor KPK Jakarta, Rabu (7/5/2014).

"Jadi bukan pengadaan instalasinya tapi
kerjasamanya," ujar Johan.

Johan menambahkan, penyalahgunaan kewenangan yang dilakukan Ilham tersebut diduga menguntungkan dirinya sendiri dan pihak lain. "Jadi sperti ada yang harusnya dibayar 5 tapi justru dibayar 10," kata Johan.

Dalam perkara ini, lanjut Johan, negara telah mengalami kerugian sekitar Rp 38,1 miliar. Selain Ilham, KPK juga menetapkan tersangka terhadap Hengky Wijaya selaku Dirut Pt Traya Tirta Makassar.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas