Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Buka Bersama di Mabes TNI, SBY Ingatkan Agama Bukan Hanya Simbol

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam sambutannya mengingatkan pentingnya meletakkan agama dalam konteks berbangsa dan bernegara.

Buka Bersama di Mabes TNI, SBY Ingatkan Agama Bukan Hanya Simbol
TRIBUNNEWS.COM/SRIHANDRIATMO MALAU
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden (Wapres) RI Boediono, melaksanakan buka puasa bersama dengan segenap pejabat tinggi TNI dan personel Mabes TNI bertempat di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Kamis (3/7/2014).

Kedatangan Presiden dan Wapres disambut oleh Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, Kapolri beserta Kepala Staf Angkatan dan pejabat tinggi TNI lainnya.  Kegiatan yang sudah dilaksanakan hampir setiap tahun ini, merupakan ajang silaturahmi untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiyah diantara para pejabat tinggi negara.

Sebelum melaksanakan buka puasa bersama, diadakan ceramah rohani yang disampaikan oleh Prof DR. Nazarudin Umar, Wakil Menteri Agama RI dengan tema 'Dengan Hikmah Puasa Ramadhan 1435H/2014, Kita Mantapkan Iman dan Takwa Serta Komunukasi Sosial Prajurit TNI Dengan Raktyat Guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan'.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam sambutannya mengingatkan pentingnya meletakkan agama dalam konteks berbangsa dan bernegara. SBY mengatakan, agama hendaknya diposisikan sebagai nilai bukan sebagai simbol.

"Agama itu harus kita lihat lebih sebagai nilai. Jangan melihat agama hanya sebagai simbol semata," kata SBY.

"Simbol itu bisa memecah belah, tapi kalau nilai bisa menyatukan. Dengan nilai, kita bisa membangun toleransi, dengan nilai yang sama-sama mengajarkan kebajikan, kita bisa membangun harmoni," tambahnya.

Selain menyinggung soal agama sebagai nilai, Presiden juga berpesan soal peran TNI yang sangat penting dalam menjaga persatuan dan perdamaian. Dia meminta agar TNI menjadi institusi yang dicintai rakyat dan bukan justru representasi yang menakutkan. Dengan demikian, Indonesia tidak akan bernasib sama dengan sejumlah negara yang saat ini di dalam negaranya sedang terjadi konflik.

"Kalau itu sudah ada pada TNI kita, ditakuti lawan, disegani lawan, dicintai rakyat, TNI akan menjadi kekuatan tangguh yang diandalkan bangsa," tambahnya.

Acara buka puasa bersama Presiden Yudhoyono dan Wapres Boediono, dengan segenap pejabat tinggi TNI dan prajurit TNI di Mabes TNI Cilangkap, berlangsung sederhana tetapi penuh khidmat.

Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Aji
Editor: Fajar Anjungroso
  Loading comments...
Tags
SBY
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas